Senin, 09 Desember 2019

BENGKALIS

Sudah Jalani Cek Kesehatan dan Kebugaran, 459 JCH Bengkalis Berangkat dalam Satu Kloter

news24xx


Plt Diskes Bengkalis, Heri Pratikno Plt Diskes Bengkalis, Heri Pratikno

RIAU1.COM - Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Bengkalis menyampaikan bahwa untuk Jamaah Calon Haji (JCH) yang sudah tercatat di aplikasi Siskohatkes sebanyak 459 jemaah.

Ratusan JCH Bengkalis itu diantaranya, dari Kecamatan Bengkalis, Bantan, Bukit Batu, Siak Kecil, Mandau, Pinggir, Bathin Solapan serta Pulau Rupat.

"Para JCH Bengkali tersebut akan diberangkatkan pada tanggal 13 Juli 2019 mendatang. Dan Alhamdulilah pada tahun ini sudah mempunyai embarkasi antara Riau di Kota Pekanbaru," kata Plt Diskes Bengkalis, Heri Pratikno, Senin 24 Juni 2019.

"Jadi, nanti kita mengantarkan JCH ini ke Pekanbaru, sebagai embarkasi antara. Para jemaah nantinya akan kita antar menggunakan bus. Alhamdulillah semuanya bergabung bisa menjadi satu kloter," sambungnya.



BACA JUGA : Reses ke Desa Palkun, Anggota Komisi IV DPRD Bengkalis Firman Serahkan 1 Ambulance

Heri menuturkan, dari seluruh JCH Bengkalis yang sudah melakukan pemeriksaan kesehatan, mereka semuanya dalam keadaan baik dan layak untuk berangkat menunaikan ibadah haji dari sisi kesehatannya.

"Mereka ini semua sudah istitoah layak untuk diberangkatkan, dan nanti akan diberikan kartu istitoah sebagai salah satu persayaratan pelunasan sebagai JCH," tuturnya.

Masih kata Heri, untuk seluruh JCH Bengkalis ini, sudah dilakukan vaksinasi meningitis dan juga vaksinasi ifluenza. "Vaksin ini merupakan suatu hal yang sifatnya wajib buat seluruh JCH. Vaksinasi meningitis yang sifatnya opsional tentunya yang sudah menjadi pilihan," sebutnya.



BACA JUGA : Sempat Menghilang, Seorang Warga Sungai Cingam Bengkalis Ditemukan Tewas dalam Parit

Heri melanjutkan, dalam hal ini Pemkab Bengkalis juga sudah menganggarkan dana untuk pembelian vaksin ini, sebagai tambahan buat seluruh JCH.

"JCH juga menjalani pemeriksaan kebugaran, karena sebagaimana diketahui bahwa pelaksanaan ibadah haji merupakan pelaksanaan ibadah yang melibatkan aktivitas fisik yang harus prima," lanjutnya.

"Maka dari itu, Alhamdulillah Diskes Riau bersama Diskes Bengkalis sudah melauksanakan pemantauan kebugaran seluruh JCH. Ada beberapa JCH yang membutuhkan latihan secara terus menerus, tapi secara umum JCH Bengkalis mempunyai kondisi yang lumayan baik, walaupun ada beberapa yang dalam katagori resiko tinggi," tukasnya.