Senin, 21 September 2020

BISNIS

Geliang 2019, Multifinance Kolaborasi Dengan Fintech

news24xx


Logo Adira Finace (Foto: Istimewa/Internet) Logo Adira Finace (Foto: Istimewa/Internet)

RIAU1.COM -Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI), Suwandi Wiratno menyebutkan saat ini banyak multifinance yang tertarik melakukan kolaborasi dengan financial technology (fintech) atau pinjaman online (pinjol).

Dikutip dari kontan.co.id, Minggu, 16 Juni 2019 pasalnya industri fintech saat ini tengah berkembang pesat sehingga menjadi salah satu penyebab multifinance tertarik menjalin kerja sama.

Biasanya, kerja sama itu dilakukan dari sisi penagihan karena banyak tenaga collection dihasilkan dari sektor multifinance.

"Kerjasama yang dilakukan seperti ketertarikan pada pengelola fintech. Karena multifinance memiliki tenaga collection yang banyak. Ini salah satunya," jelasnya.


BACA JUGA : Akhir Pekan ini Harga Emas Antam Turun Rp7 ribu jadi Rp1.023.000 per gram




BACA JUGA : Produktifitas TBS Sawit Capai 23,9 ton per hektare jadi Strategi PTPN V Ukir Prestasi di Tengah Pandemi


Kolaborasi antara multifinance dan fintech dapat terjalin kerena mereka saling melengkapi. Fintech menjadi salah satu saluran sementara multifinance sebagai mitra pendanaan.

Selain itu kerja sama ini mendapat dukungan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 35/POJK.05/2018 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan.

Bentuk kerja sama lainnya adalah melakukan pembiayaan penerusan (channeling) atau pembiayaan bersama (joint financing).