Senin, 16 Desember 2019

INDRAGIRI-HILIR

DKP Inhil dan Gapoktan Jual Beras Murah, 3 Ton Ludes

news24xx


Kadis Ketahanan Pangan saat meninjau Toki Tani Indonesia di Kecamatan Keritang Kadis Ketahanan Pangan saat meninjau Toki Tani Indonesia di Kecamatan Keritang

RIAU1.COM - Dalam rangka menjaga stabilitas harga dan pasokan bahan pangan pokok serta strategis, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) bekerjasama dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM) menjual beras murah pada event MTQ ke-49 Inhil beberapa waktu lalu.

Program PUPM biasanya memang selalu menjual beras melalui Toko Tani Indonesia (TTI) yang tersebar di daerah-daerah pelosok negeri.

Kepala DKP Inhil, Fajar Husin melalui Kasi Distribusi Pangan, Sutiyanto meyebutkan, kegiatan penjualan beras tersebut dimaksud untuk mensosialisasikan program Kementerian Pertanian, dengan kegiatan PUPM melalui TTI sebagai upaya untuk menjaga efisiensi rantai distribusi pemasaran dengan memperpendek rantai pasokan.



BACA JUGA : Puluhan Personil Bea Cukai Tembilahan Latihan Menembak di Makodim 0314 Inhil

"TTI sendiri, merupakan toko atau warung atau kios milik pedagang komoditas pangan baik perorangan maupun lembaga yang telah berpengalaman di bidang pangan dan ditetapkan untuk menjual komoditas pangan pokok dan strategis dengan harga sesuai ketentuan," sebutnya?.

Dikatakannya lagi, kegiatan PUPM secara tidak langsung berperan dalam mengatasi anjloknya harga pada panen raya dan tingginya harga pada saat paceklik sehingga menjadi instrumen yang dibuat pemerintah untuk menahan gejolak harga pada saat suplai melimpah maupun kurang.

"Untuk Kabupaten Inhil, ini dimulai pada tahun 2016 lalu dengan melibatkan 3 Gapoktan pelaksana yaitu Gapoktan Lapoase Desa Sanglar, Gapoktan Maju Bersama Desa Kuala Keritang dan Gapoktan Lemang Jaya," katanya.



BACA JUGA : BC Tembilahan Sita 4,4 Juta Batang Rokok Ilegal

Sementara untuk tahun 2019 ini, Gapoktan pelaksana kegiatan PUPM dilaksanakan oleh 4 Gapoktan yaitu Gapoktan Muara Baru Kelurahan Benteng, Gapoktan Tunas Harapan Kelurahan Pulau Kijang, Gapoktan Usaha Mandiri Desa Pulau Kecil dan Gapoktan Mekar Usaha Desa Sanglar. "Alhamdulillah 3 ton beras habis terjual pada MTQ Inhil beberapa waktu lalu," paparnya.

Untuk diketahui, beras yang dijual oleh Gapoktan merupakan beras lokal yang berasal dari Pulau Kijang dan Sungai Batang dengan kualitas baik dan rasa enak serta harga murah dengan harga Rp9 ribu perkilogram.

Beras murah tersebut dijual oleh DKP Inhil karena Gapoktan sudah diberikan subsidi biaya operasional melalui dana APBN.