Selasa, 07 Juli 2020

INDRAGIRI-HILIR

Jumlah ODP Corona di Inhil Naik 7 Kali Lipat

news24xx


dokter Saut Pakpahan dokter Saut Pakpahan

RIAU1.COM - Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) naik secara signifikan. Data terbaru, diketahui jumlah ODP di Inhil yang semula hanya 193 orang kini naik menjadi 1278 orang. 

Perubahan data tersebut terjadi pasca adanya jalinan kesepakatan antara Gubernur Riau dengan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Riau.



BACA JUGA : Alhamdulillah, 4 Pasien Positif Covid-19 di RS Raja Musa Sembuh, Kini Tersisa 1 Pasien

Dalam kesepakatan itu, Orang Tanpa Gejala (OTG) kini masuk kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) sehingga jumlah ODP di Kabupaten Inhil ikut naik drastis mencapai 1.278 atau hampir 7 kali lipat dari angka sebelumnya.

Hal ini disampaikan oleh Direktur RSUD Puri Husada Tembilahan sekaligus juru bicara (jubir) bidang medis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Indragiri Hilir, dr Saut Pakpahan, Rabu 1 April 2020 di RSUD Puri Husada Tembilahan.

"Itu sebabnya laporan hari ini meningkat tajam jumlah ODP di Inhil menjadi 1.278 orang," kata dokter Saut.



BACA JUGA : Jelang Subuh, Kos-Kosan di Inhil Ludes Terbakar

Menurutnya, kesepakatan seperti yang terjadi di Riau, sebenarnya juga telah dilakukan di provinsi lain, namun khusus untuk di Riau baru diberlakukan per tanggal 1 April 2020.

Untuk itu, dokter Saut mengharapkan agar masyarakat tidak khawatir dengan kenaikan angka ODP tersebut, sebab sebelumnya memang antara OTG dengan ODP tercatat dalam kategori berbeda.

"Masyarakat jangan khawatir, jangan panik. Sekarang kesepakatan OTG dan ODP digabung," tandas dokter Saut.