Minggu, 11 April 2021

INTERNASIONAL

Truus Wijsmuller Meyer, Aktifis Wanita Penyelamat 10 Ribu Nyawa Yahudi

news24xx


Ilustrasi (Foto: Istimewa/De Telegraaf) Ilustrasi (Foto: Istimewa/De Telegraaf)

RIAU1.COM - Apakah diantara kita pernah mendengar nama Truus Wijsmuller Meyer?. Jawabannya kebanyakan tentu tidak.

Namun tahukah jika Truus dapat disandingkan dengan Oskar Schindler, pengusaha Jerman yang menyelamatkan lebih dari 1.200 orang Yahudi dari horor Holocaust dikutip dari sindonews.com, Rabu, 20 Januari 2021.

Bahkan Truus juga disamakan dengan tokoh kemanusiaan lainnya seperti Solomon Schonfeld-rabi Inggris penyelamat 3.500 orang Yahudi, Khushdeva Singh-dokter Sikh penentang diskriminasi dalam pemisahan India.



BACA JUGA : The Musketeers of the Guard, Pengawal Khusus Paling Terkenal Sepanjang Sejarah

Kemudian Mehmet Celal Bey-Gubernur Turki penentang genosida, Ilijaz Pilav-dokter penyelamat Muslim Bosnia dari Pembantaian Srebrenica, Van Chhuon-petani yang selamatkan banyak nyawa dari genosida Pol Pot, sampai Carl Wilkens-aktivis kemanusiaan penyelamat anak yatim genosida Rwanda.

Truus sendiri merupakan aktivis kemanusiaan Belanda yang menyelamatkan anak-anak dan orang dewasa Yahudi sebelum dan selama Perang Dunia ke-II.

Bersama dengan orang lain yang terlibat dalam Kindertransport sebelum perang, dia menyelamatkan nyawa lebih dari 10 ribu anak Yahudi, dan dari anti-Semitisme dan kekejaman Nazi.

Setelah perang usai ia kemudian diberi tugas di dewan Kota Amsterdam. Atas perilaku kemanusiaannya itu, dia dijuluki sebagai Orang yang Bertindak Patut di Antara Bangsa oleh Israel.

Truus Wijsmuller Meyer meninggal pada 30 Agustus 1978.



BACA JUGA : Sejarah Lahirnya Prosesor Intel Pentium yang Laris Manis di Pasaran