Selasa, 26 Oktober 2021

INTERNASIONAL

Tak Sepakat, China Amuk Taiwan dan Lithuania atas Rencana Pembangunan Kedutaan

news24xx


Menlu Taiwan, Joseph Wu Menlu Taiwan, Joseph Wu

RIAU1.COM - China menentang rencana Taiwan untuk membuka kedutaan de-facto di Lithuania, sebuah langkah yang didukung Amerika Serikat, Selasa (20/7).

Pemerintah AS dengan cepat menyambut langkah yang diambil Taiwan. Langkah ini dinilai sebagai secercah kemenangan atas pergumulan diplomatik panjang antara China dan Taiwan.


BACA JUGA : Nama Anwar Ibrahim Sahabat Bj Habibie Mencuat Sebagai Kandidat Perdana Menteri Malaysia Gantikan Muhyiddin


Juru bicara kementerian luar negeri China, Zhao Lijian, mengatakan bahwa China menentang setiap pertukaran resmi antara Taiwan dan negara-negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Beijing. Lithuania dan China menjalin hubungan sejak 1991.

“Kami mendesak pihak Lithuania untuk mematuhi prinsip satu-China dan menghormati komitmennya yang dibuat atas pembentukan hubungan diplomatik,” kata Zhao.

“Juga nasihat untuk otoritas Taiwan: 'kemerdekaan Taiwan' mengarah ke jalan buntu dan setiap upaya untuk menciptakan 'dua China' atau 'satu China, satu Taiwan' tidak akan berhasil,” tambahnya.


BACA JUGA : Langit Kompleks Gaza Palestina Diselimuti Asap Tebal Dari Kebakaran Hutan


Menteri Luar Negeri Taiwan, Joseph Wu, merasa gembira karna ini adalah kali pertama kantor kedutaan Taiwan menggunakan nama “Taiwan”.

Diketahui Taiwan memiliki banyak kedutaan de-facto, namun alih-alih menggunakan nama Taiwan, kedutaan itu dinamai “Kantor Perwakilan Taipei”.

“Kantor perwakilan kami [akan] ditempatkan di Lithuania akan menjadi kantor pertama kami di Eropa menggunakan nama Taiwan,”

Dia mengatakan mempromosikan hubungan Taiwan dengan Eropa adalah salah satu tugas inti kementerian.

“Dengan menggunakan nama Taiwan sebagai kantor perwakilan kami, ini akan memungkinkan teman-teman kami di Eropa untuk memahami lebih jelas bahwa kami mewakili 23 juta orang Taiwan. Ini adalah sesuatu yang sangat signifikan,” tambah Wu.

Zhu Fenglian, juru bicara Kantor Urusan Taiwan-Beijing, memperingatkan Lithuania agar tak mengembangkan kontak resmi dengan Taiwan. Zhu dengan tegas meminta Lithuania agar mematuhi prinsip “satu China”.

“Taiwan adalah bagian dari China dan kami dengan tegas menentang sekutu kami yang mengembangkan hubungan resmi dengan wilayah Taiwan,” katanya

Joseph Wu, menegaskan bahwa rencana pembukaan kedutaan Taiwan di Lithuania telah sampai pada tahap pengajuan anggaran dan pencarian lokasi.

Dia juga menambahkan bahwa Taiwan dan Lithuania diharapkan untuk bekerja sama dalam proyek-proyek; mulai dari perdagangan, hingga industri dan teknologi.