Rabu, 28 Oktober 2020

NASIONAL

Hussein Djajadiningrat Orang Indonesia Pertama Bergelar Profesor

news24xx


Hussein Djajadiningrat (foto: Istimewa/internet) Hussein Djajadiningrat (foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Sejarahnya di Indonesia penyamatan gelar profesor merupakan sebutan lain untuk guru besar. Profesor juga bukan gelar akademik, melainkan penyebutan untuk orang yang menjabat guru besar dalam struktur pengajar di universitas.

Orang Indonesia pertama yang bergelar profesor adalah Hussein Djajadiningrat dinukil dari historia.id, Minggu, 9 Agustus 2020.

Hussein memperoleh gelar tersebut dari Rechtshogeschool atau Perguruan Tinggi Hukum di Jakarta pada 1924.

Seluruh aturan dan sistem pendidikan tinggi sebelum Indonesia merdeka atau masih bernama di Hindia Belanda meniru aturan dan sistem pendidikan tinggi di Belanda.



BACA JUGA : Medan Kota Pelopor Bahasa Gaul di Indonesia

Termasuk penyebutan gelar untuk para sarjananya seperti Mr. atau Meester in de Rechten dan penyematan jabatan guru besar.

Sebelum pengangkatan menjadi guru besar, seseorang harus menyiapkan pidato ilmiah. Dia akan membacakan pidato itu di hadapan komunitas akademik tempat dia bekerja.



BACA JUGA : Melihat Sistem Pendidikan Era Majapahit

Pidato disampaikan dengan bahasa yang bisa dipahami oleh orang yang tidak sebidang dengan kepakaran atau keilmuannya. Tradisi seperti ini sudah ada di kampus-kampus Eropa pada abad pertengahan.

Sedangkan tradisi pengukuhan guru besar masuk ke Hindia Belanda seiring dengan pendirian perguruan tinggi sepanjang 1920-an.

Tradisi tanpa aturan tertulis ini terus bertahan di perguruan tinggi Indonesia selama masa 1950-an.