Minggu, 11 April 2021

PEKANBARU

Diduga Ada Pengusaha Besar Dibalik Menangnya PT Datama sebagai Pengelola Parkir di Pekanbaru, Ini Penjelasan Wali Kota

news24xx


Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1. Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Menangnya PT Datama sebagai pengelola parkir tunggal di Pekanbaru diduga tak lepas dari tangan dingin seorang pengusaha besar. Namun, Pemko Pekanbaru menegaskan, proses lelang pengelolaan parkir digelar terbuka dan diikuti banyak perusahaan.

Wali Kota Pekanbaru Pekanbaru Firdaus hanya bisa tertawa kecil mendengar nama pengusaha besar dibalik PT Datama. Pengusaha ini bertentangan dengan "orang lama" yang menguasai perparkiran hampir 40 tahun di Pekanbaru.

"Pengelolaan parkir di Pekanbaru itu melalui proses merupakan tender atau lelang umum. Siapa yang bisa mengkondisikan tender umum?" ucap Firdaus.



BACA JUGA : FKSR Riau Bagikan 50 Paket Sembako ke Warga Rohul dan Rohil Tak Mampu di Pekanbaru

Proses lelang (sayembara) itu tak hanya diikuti satu perusahaan swasta. Jadi, semua perusahaan berproses dalam tender umum terbuka. 

"Praktik pengelolaan parkir baru berjalan dua bulan. Saya belum mendapat laporan dari dinas teknis. Apakah selama dua bulan ini seperti kontraknya? Saya juga belum tahun. Saya evaluasi dahulu," ungkap Firdaus.



BACA JUGA : Pekanbaru Tak Akan Pernah Bebas Banjir Jika Sungai Kampar Tak Dinormalisasi

Sebagaimana diketahui, persiapan pengelolaan parkir yang dikelola profesional seperti saat ini bukan waktu sebentar. Pengelolaan parkir oleh pihak swasta dipersiapkan lebih dari 3 tahun. 

"Kami sudah melakukan kajian dan studi banding (selama tiga tahun itu)," sebut Firdaus.