Senin, 30 Maret 2020

SIAK

Meriahkan HUT ke-74 RI, Kecamatan Sungai Mandau Gelar Pacu Sampan

news24xx


Lomba pacu sampan di Sungai Mandau Lomba pacu sampan di Sungai Mandau

RIAU1.COM - Pesta rakyat memperingati Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia di Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Siak, Riau sangat meriah.

Hal itu terlihat dari antusias masyarakat yang berbondong-bondong menyaksikan perlombaan pacu sampan tradisional di Kampung Muara Bungkal.

Camat Sungai Mandau, Novendra Kasmaran mengatakan, pacu sampan tradisional ini diadakan selain sebagai kegiatan tahunan, juga cara untuk mempromosikan jembatan gantung kepada masyarakat.

"Nantinya akan dijadikan sebagai salah satu objek tujuan wisata di Kecamatan Sungai Mandau. Ini termasuk salah satu kegiatan perdana di tahun 2019 sekaligus memeriahkan HUT ke-74 RI,” ungkapnya.



BACA JUGA : Salat Jumat Ditiadakan di Masjid, Angkutan Kontraktor PT IKPP yang Tak Layak Tetap Beroperasi, Ketua KNPI Tualang: Emangnya Pekerja Kebal Virus?

Dikatakannya, lokasi yang dijadikan pacu sampan ini, nantinya juga akan dijadikan ruang terbuka hijau serta tempat warga bersantai menikmati alam sungai mandau.

"Insya Allah, lokasi ini kedepannya juga akan kita jadikan ruang terbuka hijau untuk masyarakat,” sebutnya.

Mantan Sekcam Dayun itu menuturkan, jumlah peserta yang mengikuti pacu sampan perdana itu tercatat sebanyak 45 tim yang terbagi dari 32 orang tim laki-laki, dan 13 tim wanita.



BACA JUGA : Ancaman Wabah Corona, Kontraktor PT IKPP Mengaku Pasrah Berdesak-desakan dalam Truck Angkutan Perusahaan

"Untuk peserta cukup antusias bukan hanya tim laki-laki, tapi juga tim wanita juga ikut bertanding, semua tim ini berasal dari masing-masing kampung di Kecamatan Sungai Mandau” jelasnya.

Selain pacu sampan, Pesta Rakyat memperingati hari Kemerdekaan RI di Sungai Mandau juga mengadakan lomba permainan rakyat.

'Kita sudah laksanakan permainan rakyat, dan hari ini kita agendakan jalan santai yang akan diikuti seluruh masyarakat,” pungkasnya.