Senin, 03 Oktober 2022

SIAK

Kapolres Siak Resmi Menyandang Gelar Datuk Wira Setia Alam

news24xx


Saat proses pemberian gelar Saat proses pemberian gelar

RIAU1.COM - Kapolres Siak AKBP Gunar Rahadiyanto resmi menyandang gelar Kehormatan Adat sebagai "Datuk Wira Setia Alam". Gelar tersebut diberikan oleh Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Siak.



BACA JUGA : Di Siak Ada Kelas Ibu-ibu Lansia Belajar Baca dan Tulis

LAMR Kabupaten Siak menilai Gunar telah berjasa bagi adat dan masyarakat melayu, khususnya di Kabupaten Siak. Prosesi pemberian gelar adat ini digelar di Balai Kerapatan LAMR Kabupaten Siak, Selasa (5/7/2022).

Majelis Penabalan gelar adat ditandai dengan pemasangan tanjak oleh Ketua Umum MKA LAMR Kabupaten Siak Datuk Sri Muhammad Nazir Khatan. 

Kemudian, pemasangan selempang oleh Ketua DPH LAMR Kabupaten Siak Datuk Sri Wan Said. Dan pemasangan keris oleh Perwakilan Keluarga Keturunan Datuk Empat Suku. 

Usai penabalan gelar kehormatan adat, kegiatan dilanjutkan dengan tepuk tepung tawar dan doa bersama.

Kapolres Siak AKBP Gunar Rahadiyanto mengatakan, gelar "Datuk Wira Setia Alam" yang diberikan kepadanya merupakan suatu kehormatan yang sangat besar baginya dan keluarga. 

"Sesungguhnya saya sangat memuliakan gelar adat ini, namun demikian dari lubuk hati yang paling dalam saya ingin mengatakan bahwa saya lah yang harus berterimakasih kepada seluruh masyarakat kabupaten Siak. Yang telah banyak berbudi kepada saya, sejak saya memijakkan kaki di tanah sultan ini" katanya.

Ditambahkan AKBP Gunar, bahwa dirinya telah diterima dengan budi yang besar, hati yang lapang, dan rasa kekeluargaan yang kuat. Budi masyarakat Siak ini lah yang menyebabkan dirinya dan keluarga besar Kepolisian Resort Siak dapat melakukan tugas dan kewajiban yang diamanahkan undang-undang secara baik.

"Budi baik inilah yang justru tidak dapat saya lupakan, untuk itu pada majelis adat yang mulia ini saya hendak menyampaikan bahwa segala upaya atau ikhtiar yang saya coba lakukan selama menjabat sebagai Kapolres Siak pada hakikatnya adalah mencoba berbahasa terhadap budi yang diberikan oleh seluruh masyarakat kabupaten Siak" ungkapnya.

AKBP Gunar menegaskan, gelar adat ini adalah sebuah amanah yang harus ia jaga dengan ucapan dan perbuatan. Sungguh dengan menerimanya maka ia sudah menjadi warga Siak seutuhnya, dan tanggungjawabnya bertambah kepada Siak dan masyarakatnya.

"Saya dari lubuk hati yang paling dalam mengucapkan terimakasih atas penghargaan gelar adat yang dianugerahkan kepada saya. Terimakasih saya ucapkan baik atas nama pribadi dan keluarga. Kami menerima gelar anugerah ini dengan sepenuh takzim dan setinggi rasa hormat" ucapnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman menyebutkan, gelar adat ini merupakan simbol doa dan harapan masyarakat Kabupaten Siak kepada AKBP Gunar Rahadiyanto. Kiranya selaku pemimpin yang baik hati, bagaikan aur dengan tebing senantiasa diberikan kemudahan dan pertolongan dari Allah SWT dalam melaksanakan tugas dan pengabdian. 

"Sosok AKBP Gunar Rahadiyanto merupakan figur yang sudah tidak asing lagi bagi kita semua, khususnya masyarakat kabupaten Siak. Beliau merupakan tokoh yang sangat peduli dengan masyarakat Siak dan juga menjadi contoh teladan masyarakat Siak, dalam kepemimpinan beliau yang bijaksana" sebutnya.

Sementara itu, Ketua Umum MKA LAMR Kabupaten Siak, Datuk Sri Muhammad Nazir Khatan menuturkan, amanah menjalankan roda ketertiban di Kabupaten Siak ini cukup berat. Namun amanah tersebut merupakan suatu kasih sayang dari Allah SWT.



BACA JUGA : Bupati Alfedri Dapat Instruksi Laksanakan Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia

"Oleh sebab itu kami dari Balai Kerapatan Lembaga Adat Melayu Riau kabupaten Siak,  mengucapkan tahniah yang sebesarnya. Dan mudah-mudahan kapolres dalam menjalankan amanah di ridhoi Allah SWT" pungkasnya.*