Safari Ramadhan di Enok, Bupati Inhil Sampaikan Soal Zakat dan Pembangunan

Safari Ramadhan di Enok, Bupati Inhil Sampaikan Soal Zakat dan Pembangunan

6 Mei 2021
Safari Ramadhan di Enok, Bupati Inhil Sampaikan Soal Zakat dan Pembangunan

Safari Ramadhan di Enok, Bupati Inhil Sampaikan Soal Zakat dan Pembangunan

RIAU1.COM -Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan melakukan safari ramadhan di Kecamatan Enok yang diawali dengan penyaluran bantuan paket premium Ramadhan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Inhil, Rabu 5 Mei 2021. 

Dalam kegiatan ini, turut hadir sejumlah pejabat eselon di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil dan disambut langsung oleh Camat Enok, Lurah serta Kepala Desa dan jajarannya. 

Kegiatan Safari Ramadhan pada tahun ini berlangsung sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yang mana safari Ramadhan biasanya dilaksanakan berbarengan dengan waktu berbuka puasa, saat ini mesti dilaksanakan sehabis salat zuhur karena adanya larangan acara berbuka puasa bersama. 

Berbagai harapan disampaikan Bupati Inhil, HM Wardan dalam acara tersebut, salah satunya adalah perihal kondisi pandemi Covid-19 di Kabupaten Inhil yang saat ini mengalami lonjakan kasus sehingga Inhil harus berstatus zona oranye penyebaran Covid-19. 

Bupati Inhil mengungkapkan kekhawatirannya perihal kondisi Covid-19 di Kabupaten Inhil sehingga kemungkinan peniadaan salat Idul Fitri berjamaah di masjid dan lapangan pada tahun ini. 

"Kalau status kita masih zona oranye saat Idul Fitri, maka kita dilarang untuk salat Ied berjamaah di masjid dan lapangan. Salatnya jadi di rumah," ungkap Bupati Inhil dihadapan para mustahik dan warga Enok lainnya. 

Agar kemungkinan itu tidak terjadi, Bupati Inhil mengimbau para mustahik dan warga Enok agar dapat mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir. 

"Mudah-mudahan menjelang akhir Ramadhan terjadi penurunan sehingga kita dapat melaksanakan salat Idul Fitri berjamaah di mesjid dan lapangan," kata HM Wardan. 

Selain soal Covid-19, Bupati Inhil juga menyinggung masalah pembangunan di wilayah Kecamatan Enok dan berharap agar perencanaan pembangunan dapat terlaksana sesuai target meski dengan keterbatasan anggaran.

"Pagu anggaran untuk pembiayaan pembangunan pada tahun ini tidak bisa maksimal karena kita juga harus membiayai penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Indragiri Hilir. Jadi, saya harap masyarakat Enok dapat tetap optimis dan bersabar menjelang kondisi normal kembali," jelasnya.

Berkenaan dengan zakat, Bupati Inhil meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah di semua jenjang pemerintahan agar dapat memotong zakat penghasilan mereka. 

"Dengan begitu, kita bisa membantu saudara-saudara kita yang mungkin saat ini berstatus tidak mampu, berada dalam kondisi kesusahan, apalagi di masa pandemi ini," pungkasnya. (Adv)