16 Juni di Bengkalis Sudah Mulai Terima Murid Baru

16 Juni di Bengkalis Sudah Mulai Terima Murid Baru

1 Juni 2020
PSB/net

PSB/net

RIAU1.COM -BENGKALIS - Penerimaan siswa baru tahun ajaran 2020 -2021 tetap dilaksanakan walaupun ditengah pandemi virus corona. Hanya saja pelaksanaan itu rencananya akan dilakukan secara daring atau online.

Hal ini diutarakan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Bengkalis Agusilfridimalis. Menurutnya, pelaksanaan pendaftaran akan mulai pada tanggal 16 Juni mendatang. 

"Untuk penerimaan siswa baru kita sudah keluarga edarannya kepada masing masing satuan pendidikan. Dimana kegiatan penerimaan akan berlangsung dari tanggal 16 sampai 27  Juni mendatang," terang Agus, Seni. 1 Juni 2020.

Penerapan pendaftaran online ini, lanjut Agus, diserahkan sepenuhnya kepada satuan pendidikan. Mereka bisa menggunakan sejumlah aplikasi yang tersedia untuk proses pendaftaram calon siswa baru tersebut. 

"Namun memang ada sebagian daerah yang tidak bisa melakukan penerimaan siswa secara online, karena jaringan internet tidak ada di daerah mereka. Untuk sekolah di daerah seperti ini bisa tetap membuka untuk penerimaan siswa secara langsung datang ke sekolah,"ujarnya.

Lanjutnya, dalam hal ini, satuan pendidikan yang tidak menggunakan sistem online tersebut pihak Dinas Pendidikan meminta agar menerapkan protap Kesehatan. Seperti menyediakan tempat cuci tangan dan menjaga jarak fisik.

Disamping itu, untuk sistem penerimaan siswa baru ini, secara umum sama dengan tahun sebelumnya dengan penerapan sistem penerimaan jalur zonasi, Afirmasi dan jalur perpindahan tugas orang tua siswa. 

Loading...

"Untuk jalur zonasi satuan pendidikan harus menerima paling sedikit 50 persen dari daya tampung sekolah. Sementara dari jalur Afirmasi sekolah harus menerima paling sedikit lima belas persen dari daya tampung sekolah. Sedangkan melalui jalur perpindahan tugas orang tua ini paling sedikit menerima sebanyak 5 persen dari daya tampung sekolah,"ujarnya.

Selain penerimaan dari tiga jalur ini, ungkap Agusilfirdimalis, sekolah juga bisa menerima siswa melalui jalur prestasi. Dengan jumlah kuota paling sedikit lima persen dari daya tampung.

Sementara, sampai saat ini menjelang penerimaan siswa baru satuan pendidikan di Bengkalis masih dalam kondisi libur sekolah. Libur sekolah seharusnya berakhir pekan kemarin namun pihak Dinas Pendidikan memperpanjang libur selama empat belas hari ke depan lagi.

"Saat ini masih libur sekolah siswa juga sudah selesai ujian, ujian ke naikan kelaskan dilakukan dengan pemberian tugas dari guru mereka masing masing,"pungkasnya. (hari)