Menkes : Begini Cara Sederhana Membuat Ruang Bebas Kabut Asap

Menkes : Begini Cara Sederhana Membuat Ruang Bebas Kabut Asap

21 September 2019
Kota Pekanbaru, Provinsi Riau terlihat dari atas masih diselimuti kabut asap tebal akibat kebakaran hutan dan lahan, kemarin.

Kota Pekanbaru, Provinsi Riau terlihat dari atas masih diselimuti kabut asap tebal akibat kebakaran hutan dan lahan, kemarin.

RIAU1.COM - Kabut asap tebal akibat kebakaran hutan dan lahan masih terjadi di Riau, Jambi, Sumsel dan Kalimantan. 

Untuk membuat ruangan bebas kabut asap secara sederhana begini caranya. 

Seperti dilansir bisnis.com, Sabtu, 21 September 2019, Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek menyebut dakron dan gorden basah bisa menjadi solusi yang efektif bagi warga yang terpapar asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

 

“Bisa dibuat ruang tanpa asap. Ada satu ruang saja kita tutup dakron atau kain dibasahkan. Kita tutup jendela-jendela supaya partikelnya menempel,” ujarnya saat ditemui di Gedung Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Jakarta Selatan, Jumat (20/9/2019).

Penggunaan teknologi ini diketahui sempat dimanfaatkan pada kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang sama pada 2017, bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Pada uji coba dua tahun lalu, melalui pengukuran Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) diketahui bahwa udara dalam ruangan memang menjadi jauh lebih baik.

“Kita tidak perlu cari rumah singgah karena transportasinya juga akan menggangu, dalam hal ini karena tetangga juga bisa berkumpul, [bisa] pakai dakron lebih bagus. Dakron itu dibasahi, jendela ditutupi dan kalau ada exhaust (kipas) [digunakan] untuk dikeluarkan udaranya,” lanjut Nila.

Loading...

Exhaust fan dinilai penting karena berperan mengeluarkan udara yang tercemar dari dalam ruangan ke luar. 

Melihat banyaknya warga yang terkena Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) akibat karhutla, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan bakal terus berusaha semaksimal dalam melakukan penanganan.

 

Mulai dari menambah Puskesmas, menciptakan teknologi penjernih air sebagai upaya mencegah dehidrasi berat akibat kurangnya air bersih, hingga pemberian oksigen konsentrator.

R1/Hee