Jumat, 06 Desember 2019

GAYA-HIDUP

Jangan Langsung Bereskan Tempat Tidur di Pagi Hari, Ini Alasannya

news24xx


Ilustrasi Ilustrasi

RIAU1.COM - Membersihkan dan merapikan tempat tidur sudah menjadi kebiasaan setiap orang di pagi hari. Namun, kebiasaan ini ternyata tidak sepenuhnya baik untuk kesehatan.

Seperti dilansir hellosehat, tanpa disadari, tempat tidur menjadi 'rumah' bagi kira-kira 1,5 juta ekor tungau. Ketika tidur, tungau akan menyerap kelembapan dan kehangatan dari tubuh dan berkembang biak.

Setelah bangun tidur, kebiasaan seseorang mungkin langsung membereskan tempat tidur dengan cara menumpuk bantal dan guling, melipat selimut, dan merapikan seprai. Namun, tungau-tungau yang bersarang di kasur justru akan terjebak di dalam lipatan selimut dan tumpukan bantal.

Padahal, selimut dan bantal masih agak lembap dan hangat. Kondisi tempat tidur yang hangat dan lembap tersebut pun menjadi sarang yang kondusif bagi tungau kasur untuk semakin berkoloni.

Baca Juga: Kamu Telat Menstruasi? lni Empat Cara Mempercepat Menstruasi

www.jualbuy.com

Jika kita membiarkan bantal, guling, dan selimut terbuka begitu saja setelah bangun tidur, kehangatan serta kelembapan sisa tubuh semalaman pun akan menguap dan kering secara alami. Tungau tidak akan berkembang biak dalam tumpukan bantal atau lipatan selimut yang belum di rapihkan , melainkan mati karena udara kering dan paparan sinar matahari.

Penelitian menunjukkan bahwa jika meninggalkan tempat tidur dan belum dirapikan sepanjang hari, maka rapikanlah di malam hari jika Anda benar-benar merasa perlu.
Sangkin berbahayanya kutu-kutu itu, harus dibersihkan ketika kembali ingin tidur.

Nah, untuk yang sering sekali membersihkan tempat tidur di pagi hari. Kamu akan terserang alergi kulit yang kamu hirup ketika saat tertidur lelap yang mengakibatkan bersin-bersin dan bahkan asma.

Baca Juga: Ini Manfaat Luar Biasa Rendam Kaki dengan Air Garam yang Jarang Diketahui 

Iklan Riau1

Untuk mencegah asma dan alergi karena tungau, rajinlah mengganti seprai dan sarung bantal. Selain itu, menjemur bantal atau kasur di bawah sinar matahari selama beberapa jam juga bisa jadi solusi untuk memberantas tungau kasur. Tidur pun jadi lebih nyenyak dan bebas tungau.

Jika tak tahan dengan tempat tidur yang berantakan, setidaknya jangan langsung membereskan tempat tidur segera setelah  bangun pagi.

Diamkan selama beberapa waktu hingga kasur, bantal, dan selimut tak lagi panas dan lembab, kemudian baru bereskan. Jangan lupa biasakan mengganti seprai dan sarung bantal setidaknya seminggu sekali, untuk mencegah penumpukan tungai, bakteri, kuman, dan kotoran lainnya pada tempat tidur.





Loading...
DN05 | Desktop - Read Right Side 300px