Jumat, 06 Desember 2019

GAYA-HIDUP

Musim Mangga Tiba, Yuk Intip 5 Manfaatnya

news24xx


Ilustrasi buah mangga Ilustrasi buah mangga

RIAU1.COM - Menjelang akhir tahun, sering disebut sebagai musimnya buah mangga. Hal ini karena sebagian wilayah di Indonesia mulai dibanjiri mangga dengan berbagai jenis. Selain memiliki rasa yang enak dan segar, mangga juga memberikan banyak kebaikan untuk tubuh. Berikut manfaat kesehatan dari mangga.

1. Meningkatkan Sistem Imun

Satu cangkir mangga bisa memenuhi 10 persen kebutuhan vitamin A harian. Vitamin A berperan penting untuk produksi dan aktivitas sel darah putih sehingga membantu melawan infeksi. Selain itu, mangga juga mengandung vitamin K yang bertindak untuk mengaktifkan beberapa protein plasma yang memengaruhi respon imun dan inflamasi. Ada juga vitamin E yang merupakan kunci bagi sistem imun yang kuat.

2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Seperti buah-buahan lainnya, mangga mengandung serat makanan. Sebagaimana kita tahu bahwa serat bisa membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi masalah seperti sembelit dan diare. Satu buah mangga mengandug enzim pencernaan yang disebut amilase. Amilase ini  bertugas memecah karbohidrat kompleks menjadi gula, seperti glukosa dan maltosa sehingga lebih mudah diserap tubuh.

Baca Juga: Kamu Telat Menstruasi? lni Empat Cara Mempercepat Menstruasi

www.jualbuy.com

3. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Vitamin C yang terkandung pada mangga berperan pada pembentukan kolagen, yaitu protein yang membuat kulit menjadi elastis. Bila kita kekurangan vitamin C maka akan memperlambat penyembuhan luka pada kulit, serta meningkatkan garis halus dan kerutan.

Selain itu, mangga yang kaya vitamin C juga membantu penyerapan zat besi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut. Sementara itu, vitamin A pada mangga berperan dalam produksi sebum, zat berminyak yang melembabkan kulit dan kulit kepala. Kedua vitamin tersebut juga berfungsi sebagai antioksidan. Zat antioksidan melindungi folikel rambut terhadap kerusakan akibat stres oksidatif.

4. Menjaga kesehatan mata

Antioksidan lutein dan zeaxanthin yang ditemukan dalam mangga membantu menjaga kesehatan mata. Kedua zat yang terdapat dalam mangga tersebut melindungi retina dan lensa, meningkatkan jangkauan visual, mengurangi ketidaknyamanan dari silau, meningkatkan kontras visual, dan mempercepat pemulihan mata dari tekanan cahaya terang.  Selain itu, kedua senyawa juga melindungi mata dari cahaya biru yang berbahaya, serta memperlambat perkembangan katarak.

Baca Juga: Ini Manfaat Luar Biasa Rendam Kaki dengan Air Garam yang Jarang Diketahui 

Iklan Riau1

5. Baik bagi Jantung

Beberapa jenis mineral yang terkandung pada mangga baik bagi jantung. Sebagai contoh magnesium dan kalium yang membantu menjaga denyut nadi yang sehat dan pembuluh darah rileks, serta meningkatkan tingkat tekanan darah.

Selain itu, sejumlah peneliti menemukan antioksidan unik magniferin dalam mangga. Magniferin disebut-sebut dapat melindungi sel-sel jantung terhadap peradangan dan stres.





Loading...
DN05 | Desktop - Read Right Side 300px