Mengapa Waktu Terasa Lama Ketika Sedang Bosan?

Mengapa Waktu Terasa Lama Ketika Sedang Bosan?

15 Februari 2020
ilustrasi bosan menunggu

ilustrasi bosan menunggu

RIAU1.COM - Saat sedang bosan atau menunggu sesuatu, waktu terasa begitu lambat berputar.Sebaliknya, waktu akan terasa lebih cepat ketika kita sedang bermain atau sedang mengerjakan sesuatu yang menyenangkan.

Mengapa waktu tampaknya bergerak lebih cepat ketika kita melakukan sesuatu yang menyenangkan dan lebih lambat ketika kita sedang bosan?

Melansir boboid, psikolog yang mempelajari fenomena ini telah mengkonfirmasi bahwa orang memang memandang waktu secara berbeda tergantung pada kondisi mental mereka dan kegiatan yang mereka jalani.

Ketika kita bosan atau melakukan sesuatu yang tidak ingin kita lakukan, pikiran kita tidak sibuk dan cenderung terpecah ke mana-mana.

Loading...

Ketika pikiran kita terpecah, seringkali kita akan melirik ke arah jam, dan kemudian kita berpikir tentang berapa banyak waktu yang harus dilalui sampai kita dapat melakukan sesuatu yang kita lebih suka lakukan.

Di sisi lain, ketika kita dengan senang hati terlibat dalam aktivitas yang disukai, pikiran kita cenderung terfokus sepenuhnya pada kesenangan yang sedang kita rasakan. Kita tidak terlalu khawatir tentang waktu yang berlalu, karena kita sangat menikmati momen yang sedang berlangsung.

Misalnya, jika kita berlibur bersenang-senang, hari-hari tampaknya berlalu begitu cepat. Namun, jika kita bersekolah, hari-hari itu mungkin terasa sangat lambat. Ketika kita memikirkan hal-hal ini beberapa bulan kemudian, persepsi kita tentang hal itu biasanya terbalik.