Minggu, 07 Juni 2020

INDRAGIRI-HULU

Antisipasi Wabah Covid-19, Personel Polres Inhu ini Edukasi ke Warga

news24xx


Sosialisasi wabah corona di Desa Batu Gajah Sosialisasi wabah corona di Desa Batu Gajah

RIAU1.COM - Bhabinkamtibmas Desa Batu Gajah dan Desa Pasir Keranji, Brihadir Ripal Indrawata, didalam memberikan edukasi tentang cara mencuci tangan yang baik dan benar, mendapat respon positif dari pemerintah desa.

Dalam kesehariannya, Ripal mengimbau warga didua desa binaan, untuk rajin mencuci tangan dengan sabun atau cairan disinfektan, agar terhindar dari wabah virus corona atau COVID-19.

Dengan membawa galon air diatas sepeda motor dinasnya, Ripal mendatangi tiap-tiap rumah warga untuk mengedukasi warga. "Setelah saya melihat arahan dari Kementrian Kesehematan RI di televisi, imbauan cara mencuci tangan yang baik dan benar, saya laksanakan langsung ke warga binaan saya," kata Ripal, Kamis 2 April 2020.

Baca Juga: Disertijabkan, Kabag Ops Polres Inhu Kini Dijabat Kompol Suratman

www.jualbuy.com

Dengan berkeliling desa binaan setiap petang, membawa galon air dan sabun anti septic, Ripal mempratikan cara mencuci tangan dengan durasi hingga 20 detik. "Setiap hari, sekali jalan saya bawa empat galon air berikut sabun anti septic. Saya juga bawa alat sedot air elektrik. Semua sarana ini dibeli dengan uang saya sendiri ," jelas Ripal.

Disetiap rumah yang dia singgahi, Ripal memberikan edukasi, enam langkah cara mencuci tangan dengan baik. Mulai dari sela-sela jari jingga ke siku. Seperti saat mengambil air wudhu.

"Ada beberapa warga binaan yang memandang biasa saja cara mencuci tangan. Tapi saya tidak berhenti dan tetap terus memberikan edukasi agar cara itu dilakukan, sehingga dapat mencegah dari virus yang mematikan," kata dia.

Baca Juga: Patroli TNI-Polri, Sejumlah Warga di Inhu Kedapatan Tak Pakai Masker di Tempat Umum

Dampak positifnya kini sudah kelihatan, dimana warga binaannya telah menyediakan tempat cuci tangan plus sabun anti septic. "Alhamdulillah, kini diwarung-warung atau rumah didua desa binaan saya telah menyediakan sarana mencuci tangan. Jadi, sebelum masuk ke warung dan rumah harus mencuci tangan dahulu," ujar Ripal.

Dia juga memberikan imbauan tentang pola hidup bersih dan sehat. Serta mengkonsumsi makanan yang bergizi dan harus selalu rajin berolah raga. Disamping mengedukasi soal pola hidup bersih dan sehat, Brigadil Ripal mengaku juga mempunyai tanggungjawab untuk memastikan warganya tenang dalam menghadapi situasi krisis saat ini.

Sehingga sebelum ada suspect di desa binaannya, dirinya sudah berkoordinasi dengan Bidan Desa dan Kepala Desa setempat, terkait mobilitas warga yang datang dan keluar masuk desa.





loading...
Loading...