Laut Cina Selatan Diperebutkan, AS Kirim Kapal Perang USS Gabrielle yang Dilengkapi Rudal Siluman

Laut Cina Selatan Diperebutkan, AS Kirim Kapal Perang USS Gabrielle yang Dilengkapi Rudal Siluman

11 September 2019
Kapal perang rudal SS Gabrielle Giffords. Foto: Navsea.navy.mil.

Kapal perang rudal SS Gabrielle Giffords. Foto: Navsea.navy.mil.

RIAU1.COM -Angkatan Laut Amerika mulai mengerahkan kapal perang rudal terkuatnya untuk menangkal pengaruh militer Cina di Asia Pasifik.

Dilansir dari Tempo.co, Rabu (11/9/2019), kapal perang USS Gabrielle bertolak dari San Diago awal bulan ini dengan membawa rudal maritim dan drone helikopter.

Menurut Raytheon, kontraktor utama AS untuk senjata, rudal serangan angkatan laut adalah rudal jelajah peluncur laut yang sulit dideteksi oleh radar, dan dapat bermanuver untuk menghindari pertahanan musuh. Rudal ini dipasangkan pada USS Gabrielle Giffords dengan drone helikopter Scout MQ-8B, yang digunakan untuk mencari target.

Laksamana John Fage, juru bicara Armada ke-3 Angkatan Laut AS yang mengkonfirmasi pengerahan senjata rudal mengatakan, senjata-senjata itu akan meningkatkan kemampuan tempur Angkatan Laut AS.

"Pentagon sedang membangun pasukan militer yang dapat beroperasi dengan basis yang lebih berkelanjutan dan memiliki peluang lebih baik untuk bertarung dan bertahan hidup dalam amplop penolakan wilayah, anti-akses PLA yang mematikan," kata analis pertahanan senior Rand Corp. Timothy Heath.

Loading...

Baik AS dan Cina saling menyalahkan karena militerisasi Laut Cina Selatan, salah satu daerah yang paling diperebutkan di dunia. Beberapa negara mengklaim bagian dari kawasan yang padat-niaga. Tetapi, klaim Beijing sejauh ini merupakan yang paling ekspansif, mencakup sebagian besar lautan.

Sejak 2015, pemerintah Cina telah berusaha untuk mendukung posisi mereka melalui militerisasi dan reklamasi di Laut Cina Selatan. Mereka mengatakan bahwa latihan Angkatan Laut Amerika yang berulang di wilayah itu menunjukkan perlunya bagi Cina untuk dapat mempertahankan kepentingannya di Asia Pasifik.