Sabtu, 28 November 2020

INTERNASIONAL

Bikin Bingung, Ini Segelumit Sejarah Penciptaan Jam Tangan

news24xx


Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet) Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Perkembangan jam tangan dari tahun ke tahun semakin pesat. Dari yang berbentuk analog, digital sampai saat ini ada yang bernama smartwatch.

Tahukah bahwa ada beragam versi sejarah lahirnya jam tangan. Salah satu kisahnya diciptakan oleh Abraham-Louis Breguet dikutip dari kompas.com, Senin, 23 November 2020.

Abraham adalah seorang horologist Prancis ditunjuk langsung oleh Ratu Napolion pada 1810. Versi lain menyebutkan jam tangan diciptakan pada tahun 1570an.

Jam tersebut tidak seperti saat ini. Berbentuk jam tangan berlengan digunakan oleh kaum hawa. Itu karena laki-laki menggunakan jam saku.

Baca Juga: Sejarah Ular Tangga, Permainan Sederhana yang Ajarkan Anak Masuk Surga



www.jualbuy.com

Versi lainnya menyebutkan bahwa jam tangan pertama kali dibuat oleh Patek Phillipe, seorang produsen jam asal Swiss pada 1868. Itu pun hanya dikhususkan untuk wanita juga. Sementara jam tangan pria dibuat oleh Girard-Perregauz pada 1880.

Baca Juga: Sejarah Lampu Sein, Komponen Penting Pengganti Lonceng Pada Kendaraan

Namun jam tangan pria kurang populer ketika itu. Barulah saat Perang Dunia I berakhir, jam tangan pria mulai digemari.

Hal itu lantaran banyaknya tentara yang pulang sambil mengenakan jam tangan. Para komandan perang mewajibkan penggunaannya dari pada jam saku. Tujuannya untuk mempermudah saat berada di medan perang.





loading...
Loading...
DN06 | beacukai