Aplikasi SIPD-RI Diperkenalkan Bappeda Kampar

Aplikasi SIPD-RI Diperkenalkan Bappeda Kampar

25 Januari 2023
Saat sosialisasi berlangsung

Saat sosialisasi berlangsung

RIAU1.COM - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kampar menggelar sosialisasi aplikasi SIPD-RI Kemendagri Microservice, (Sistem Informasi Pemerintahan Daerah) Selasa (24/1/2023). SIPD-RI ini berlaku untuk penyusunan perencanaan tahun 2024. 

Sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Bappeda Kabupaten Kampar, Ardi Mardiansyah yang diwakili Sekretaris Bappeda Kampar Yusdiyen Hadinata. Sosialisasi ini diikuti oleh seluruh perangkat daerah dan kecamatan.

Yusdiyen Hadinata dalam paparannya menjelaskan bahwa aplikasi SIPD RI terdiri dari informasi pembangunan daerah, informasi keuangan daerah dan informasi pemerintahan daerah lainnya. 

"SIPD RI ini tidak banyak yang berubah  dengan SIPD versi lama. Hanya saja ada beberapa pembaharuan atau perubahan,   diantaranya perubahan level user dan pasword serta  perubahan lainnya seperti tampilan dan sebagainya," ujar dia.

Untuk level user lembaga/kelompok dan individu yang sebelumnya ada pada aplikasi SIPD yang lama, sebut dia, maka pada SIPD RI dihapus dan kewenangan itu pindah ke perangkat daerah atau Pokir DPRD. 

Loading...

“Usulan lembaga/kelompok dan individu   pindah  ke perangkat daerah  atau pokir,” ujarnya. 

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan jadwal perencanaan pembangunan Kabupaten Kampar Tahun 2024. Untuk saat ini 24-29 Januari 2023,   jadwal perencanaan masuk pada tahapan input usulan Renja Perangkat Daerah  dan Entry Kamus  Usulan Aspirasi Masyarakat  dan Pokir/Reses. 

"Ini harus menjadi atensi kita bersama, dan sekarang segera input renja dan entri kamus usulan, ikuti jadwal perencanaan yang telah disusun itu," pesan Yusdiyen.*