Rabu, 05 Oktober 2022

KEPULAUAN-RIAU

Revitalisasi Masjid Agung Batam Center dengan Anggaran Rp210 Miliar

news24xx


Proyek revitalisasi Masjid Agung Batam Center  Proyek revitalisasi Masjid Agung Batam Center

RIAU1.COM - Proyek revitalsasi pembangunan Masjid Agung Batam Center akan segera dimulai. Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad menghadiri kegiatan doa bersama sebelum proyek tersebut dijalankan akhir pekan ini.

Baca Juga: Pemprov Kepri Perluas Lahan Cabai Hingga 160 Hektare

"Pada kesempatan ini, izinkan kami juga menyampaikan salam dari Pak Wali. Karena beliau tidak bisa hadir dikarenakan ada kegiatan lain dengan waktu yang bersamaan," ujarnya seperti dimuat Batamnews.

Amsakar mengatakan Pemko Batam telah komitmen untuk pembangunan rumah-rumah ibadah di Batam.

Seperti kita ketahui, saat ini juga sudah berdiri megah Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah di Batuaji. Kemudian di Bandara Hang Nadim juga ada Masjid Tanjak.

"Alhamdulillah hari ini kita doa bersama akan memulai revitalisasi Masjid Agung Batam Center," katanya.

Pihaknya berharap dengan pembangunan masjid ini dapat memudahkan dan juga meningkatkan ibadah umat Islam yang ada di Kota Batam.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan groundbreaking untuk memulai pengerjaan revitalisasi masjid. 

Sebelumnya, Kepala Dinas Cipta Karya, Suhar menyampaikan anggaran revitalisasi masjid mencapai Rp210 miliar, dengan proses penganggaran secara multiyears atau bertahap dari APBD Batam, dengan perkiraaan pembangunan tiga tahun. 

Pada tahap pertama, proses revitalisasi menggunakan anggaran sebesar Rp 63 miliar, tahun kedua sebesar Rp 94 miliar dan pada tahun ketiga sebesar Rp 53 miliar. 

“Pada tahun 2024, proses revitalisasi diperkirakan selesai,” ujarnya beberapa waktu lalu. 

Secara rinci, proses kontruksi masjid pada tahun 2022 meliputi pembongkaran plasa masjid dan akan digali untuk selanjutnya dijadikan baseman dua lantai. Pada lantai dasar akan dijadikan lokasi parkir kendaraan. 

Untuk bagian atas baseman akan diberi batu granite sehingga bisa juga dipakai sebagai ruang sholat dalam kapasitas besar.

“Jadi tahap awal yang berjenjang ini akan kita bongkar dan gali untuk dibuat baseman dua lantai,” kata Suhar.

Kemudian sayap masing-masing tiap sisi masjid akan ditambah. Ruang toilet dan tempat wudhu saat ini akan diganti untuk dijadikan ruang sholat dan ruang serbaguna dua lantai. Selanjutnya menara masjid akan ditambah, namun tidak termasuk menara utama. 

Selain itu, revitalisasi Masjid Agung Batam Center juga mencangkup bagian atap masjid. Dimana semua ornamen atap akan diganti semua. Selanjutnya koridor yang saat ini rusak dan pecah-pecah akan diganti dengan koridor yang lebih besar.

Baca Juga: Belasan Ribu Batang Rokok Ilegal Diamankan Bea Cukai Karimun di Operasi Gempur

“Kita juga mengusulkan ketika pembangunan mulai dilakukan, masjid ditutup sementara, karena akan bahaya juga pada saat revitalisasi dipakai buat ibadah,”sebut dia.*





loading...
Loading...