Kuansing Matangkan Persiapan Ikut MTQ Riau di Rohil

Kuansing Matangkan Persiapan Ikut MTQ Riau di Rohil

13 Juli 2022
Ilustrasi/net

Ilustrasi/net

RIAU1.COM - Musabaqakah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Riau ke 40 akan digelar di Kabupaten Rokan Hilir 24-29 Juli 2022 mendatang.

Pada helat tersebut, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) mengutus sebanyak 54 orang peserta untuk mengikuti 7 cabang akan diperlombakan.

Menurut Plt. Bupati Kuansing, Suhardiman Amby yang diwakili oleh Asisten I Ir. Maisir, secara umum Pemkab Kuansing sudah siap untuk memberangkatkan para peserta dan official ke Bagan Siapiapi pada hari Jumat tanggal 22 Juli 2022 dari Mesjid Agung Kuantan Singingi
 
"Pemda sudah menyiapkan 3 bus untuk keberangkatan 100 orang peserta dan official Jumat mendatang dari Mesjid Agung Kuantan Singingi”, kata Maisir

“Karena nanti akan dilepas oleh Plt. Bupati Kuansing, maka diharapkan jam 8 pagi semua peserta, official dan Kepala Perangkat Daerah hadir secara bersama -sama di Mesjid Agung untuk pelepasan kafilah MTQ Kuansing menuju Rokan Hilir," tambah dia.

Acara pembukaan MTQ Riau sendiri akan dilaksanakan tanggal 24 Juli, diawali dengan pawai ta'aruf, dan Kabupaten Kuantan Singingi mendapatkan nomor urut ke 6 dari 12 kabupaten kota.

Loading...

"Pembukaan pawai ta'aruf nanti diikuti oleh kepala OPD se Kuansing, diharapkan jam 8 pagi seluruh peserta Pawai sudah berada di Kota Bagan Siapiapi, karena minimnya penginapan di kota tersebut, para kepala OPD diharapkan menginap di Kota Dumai karena Kota Dumai lebih dekat dari Bagan Siapi-api” pinta Maisir.

Kemudian Kepala Kemenag Kuansing H.Jisman yang diwakili oleh Bahtiar Saleh menyampaikan, LPTQ Kuansing hanya bisa mengirimkan 52 peserta untuk 7 cabang perlombaan.


 
“Kuansing hanya bisa mengirimkan untuk 52 orang peserta, karena ada 2 cabang yang usia peserta kita yang sudah melebihi kategori MTQ tingkat provinsi, yakni cabang 20 juz putri dan cabang Tafsir Bahasa Arab putri, kami belum sempat mempersiapkan pengganti. Dari 52 orang peserta terdiri dari 28 peserta laki -laki dan 24 peserta perempuan” pungkasnya.*