Misteri yang Mulai Terungkap, Ini Orang Pertama Kali Pencipta Panggilan Nama Jokowi

Misteri yang Mulai Terungkap, Ini Orang Pertama Kali Pencipta Panggilan Nama Jokowi

9 November 2019
Bernard Chene, teman masa muda Jokowi.

Bernard Chene, teman masa muda Jokowi.

RIAU1.COM - Mungkin banyak yang bertanya tanya. Siapa yang pertama kali menciptakan dan memanggil nama Jokowi. Padahal nama sebenarnya Joko Widodo. 

Presiden Joko Widodo akrab disapa dengan sebutan Jokowi. Tidak banyak yang tahu bagaimana sebutan tersebut bermula dan terus dipakai hingga terkenal seperti sekarang ini. Enak disebut. 

Dia adalah Bernard Chene, seorang rekan bisnis masa muda Jokowi, mengungkapkan hal ini.

Ternyata, nama panggilan Jokowi pada awalnya hanya digunakan untuk mereka berdua.

 

"Nama ini awalnya hanya di antara saya dan dia. Sekarang semua orang memanggilnya dengan nama itu," kata Bernard Chene, sebagaimana diunggah dalam akun YouTube Presiden Joko Widodo, dikutip CNBC Indonesia pada Sabtu (9/11/2019).
 

Mengetahui nama itu kini dikenal oleh banyak orang, dia mengaku bangga. "Ya mungkin sedikit senang sih karena kan saya yang membuatnya, bagus," bebernya.

Bernard lantas menceritakan momentum yang paling diingat bersama Jokowi. Dia menggali ingatannya menuju tahun 1999, di Solo.

Saat itu, ia mengaku sangat terkesan dengan kedewasaannya. Bernard bilang, dari tatapan matanya, terlihat kalau Jokowi merupakan sosok yang sangat pintar dan penuh gairah hidup.

"Saya saat itu memang sering berbisnis furnitur dengan paman beliau di Surakarta [Solo]. Suatu hari sang Paman memperkenalkan beliau kepada saya, beliau saat itu lulusan kehutanan. Dan saya bertanya apakah dia bisa memproduksi furnitur. Dan dengan mantap dia menjawab, Ya kenapa tidak."

Jokowi, menurutnya, langsung memperlihatkan sejumlah model furnitur dan diberikan ke Bernard.

Dari situ, ia langsung merasa bisa mempercayainya untuk mulai berbisnis bersama. Ia pun tak pernah merasa dikecewakan ketika berbisnis dengan Jokowi.

Kini, Jokowi menjadi presiden. Ia menilai hal ini sangat luar biasa.

"Bagaimana kamu bisa percaya, seseorang yang biasa kerja bersama kamu di hutan, di pabrik, di kantor, suatu hari orang itu tidak lagi bekerja dengan kamu tapi menjadi seorang wali kota, seorang gubernur dan menjadi presiden dari negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia."

Loading...

"Jadi ya saya terkejut, terkesan tapi sangat senang dengan apa yang terjadi dengannya," urainya.

Video tersebut memang baru ditonton 82.895 per 8 November lalu, dengan setidaknya 714 komentar dari para netizen.


Beragam komentar pun bermunculan. Misalnya akun Singa Putin, "Pencipta nama "jokowi" Setuju like.

 

Atau The Suta: "Ketika di tahun 2019 masih mempertanyakan bahasa inggrisnya pak jokowi, di tahun 1999 dia udah punya teman orang prancis, masa iya itu pak bernard pake bahasa jawa ._. Hahaha."

Netizen lain pun bahkan terharu, "I'm in tears of HAPPINESS while watching this video... REALLY REALLY HAPPY and PROUD to have u Mr. Jokowi as my PRESIDENT... I salute you Mr. President.. Best of the Best," tulis akun Billy Ciptadi.

R1 Hee.