Jumat, 13 Desember 2019

NASIONAL

Sejarah Pulau Dewata Sampai Begitu Terkenal Di Mata Dunia

news24xx


Ilustrasi Bali (Foto: Istimewa/internet) Ilustrasi Bali (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Dunia mengenal Pulau Dewata atau Bali pertama kali melalui campur tangan para penjajah Belanda. Saat itu di awal abad ke-20, Indonesia termasuk Pulau Bali masih dikuasai Belanda. Para penjajah membawa orang Eropa berdatangan ke Bali dikutip dari bobo.grid.id, Senin, 11 November 2019.

Baca Juga: Begini Kondisi Terkini Banjir Bandang di Kabupaten Sigi

www.jualbuy.com
Terutama campur tangan Kapal dagang Belanda Koninklijke Paketcart Maatsckapy (KPM) yang datang ke Indonesia pada 1920 dan singgah di pelabuhan Buleleng, Bali. Kapal ini membawa rombongan turis dari Eropa. Awalnya rute pelayaran kapal KPM ini adalah rute untuk berdagang. Namun, karena banyak permintaan untuk singgah di Pelabuhan Buleleng, maka jalur pelayaran diubah menjadi Bali Express.

Pada 1924, berdirilah badan resmi urusan pariwisata pertama di Bali yaitu Official Tourist Buerau yang membuat para seniman dunia berdatangan ke Bali saat itu. Pemerintah kolonial Belanda juga menugaskan Dr Gregor Krause untuk membuat dokumentasi Pulau Bali dalam bentuk foto dan buku.

Setelah banyak dikunjungi oleh seniman, masyarakat Eropa mulai mendengar tentang keindahan dan uniknya budaya di Bali. Ini juga menjadi awal mula Bali diberi julukan The Island of Gods, The Island of Paradise, The Island of Thousand Temple, The Morning of the World dan julukan indah lainnya.

Pada 1935, Bandar Udara Tuban mulai beroperasi sehingga turis dari luar negeri juga mulai berdatangan melalui jalur udara. Bandar Udara Tuban ini sekarang menjadi Bandara Internasional Ngurah Rai.
Baca Juga: BNPB Genjot Percepatan Pemulihan Pascagempa Halmahera Selatan

Iklan Riau1
Memasuki perang dunia ke-II pada 1940-an, memengaruhi seluruh penduduk dunia. Mengakibatkan pariwisata di Bali sempat terhenti untuk beberapa waktu. Setelah Indonesia merdeka dan Bali bergabung dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia pada 1950, pariwisata di Bali mulai kembali berjalan.





Loading...