Minggu, 23 Februari 2020

NASIONAL

Komisi I DPR Dorong Pemerintah Segera Evakuasi WNI dari Cina

news24xx


Ilustrasi Ilustrasi

RIAU1.COM - Pasca menyebarnya virus corona, anggota Komisi I DPR RI Muhammad Iqbal mendorong pemerintah untuk dapat mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Wuhan dan kota-kota lainnya di Cina.

Iqbal mengatakan, saat ini banyak aspirasi agar WNI yang berada di negeri tirai bambu itu dievakuasi ke tempat yang lebih aman. "Permintaan tersebut perlu ditanggapi oleh pemerintah Indonesia," ujarnya, Selasa 28 Januari 2020.

"Hal ini mengingat, WNI mengalami banyak keterbatasan di Wuhan dan kota-kota lainnya yang terisolir dari dunia luar akibat penyebaran virus corona," sambungnya.

Baca Juga: Abu Janda Sindir Pernyataan KPAI Sebut Wanita Dalam Kolam Berenang Dapat Hamil

www.jualbuy.com

Ia menuturkan, pihaknya memahami alasan pemerintah Cina untuk mengkarantina semua orang yang saat ini berada di Wuhan dan kota-kota lainnya di Cina termasuk para WNI.

"Namun pemerintah Indonesia juga bisa menawarkan solusi agar para WNI di sana bisa dievakuasi agar bisa memenuhi kebutuhan hidup mereka yang selama ini sangat terbatas di Wuhan dan kota-kota lainnya," tuturnya.

Politisi PPP itu menyebut, evakuasi ini sangat penting, karena WNI yang berada di Cina bebas dari virus yang belum diketahui obatnya. Tetapi berpotensi tertular virus, sehingga evakuasi harus menjadi solusi yang perlu dipikirkan serius.

Baca Juga: Massa Aksi 212 Desak Ahok Mundur dari Komut Pertamina, Ini Tanggapan Erick Thohir

Iklan Riau1

Iqbal menyatakan, evakuasi penting, karena akibat terisolir dari dunia luar ditambah kekhawatiran dan ketakutan yang mencekam bisa berdampak pada psikologis WNI yang terisolasi tersebut. 

"Bila evakuasi ini diambil maka petugas yang diberikan amanat untuk evakuasi juga harus dipastikan kesehatannya dan dalam menjalankan tugasnya tidak tertular virus corona," sebutnya.

Iqbal meminta kepada pemerintah Indonesia melalui KBRI dan KJRI yang berada di Cina untuk aktif mendata dan menjaga komunikasi dengan para mahasiswa khususnya dan WNI pada umumnya yang masih berada di kota-kota terisolir.





Loading...