Kamis, 09 Desember 2021

OPINI

Semangat Perjuangan Buya Ma'rifat Mardjani Bagi Terwujudnya Provinsi Riau

news24xx


Buya Ma'arifat Mardjani Buya Ma'arifat Mardjani

RIAU1.COM - Buya Ma'rifat Mardjani lahir di desa Mudik Ulo, kecamatan Hulu Kuantan, kabupaten Kuantan Singingi, provinsi Riau pada tangal 18 Agustus 1917 dan wafat di Pekanbaru pada tanggal 29 Mei 1989 dalam usia 72 tahun.

Baca Juga: Pengaruh Kepemimpinan Politik Dalam Penanganan Covid-19 antara Indonesia dan India



MH02 | Bea dan Cukai

www.jualbuy.com

Sekarang makam beliau telah dipindahkan ke komplek Pondok Pesantren Darunnajah di desa Sei Alah, kecamatan Hulu Kuantan, kabupaten Kuantan Singingi, provinsi Riau oleh ahli waris beliau yaitu 10 orang putra-putri beliau.

Buya Ma'rifat Mardjani adalah anggota DPR RI hasil Pemilu RI Pertama pada tahun 1955 dari daerah pemilihan Indragiri yang kini telah terbagi menjadi : kabupaten Indragiri Hilir, kabupaten Indragiri Hulu dan kabupaten Kuantan Singingi.

Dalam buku "Realisasi Provinsi Riau Jambi" yang beliau tulis sendiri dan diterbitkan oleh pustaka Nyiur Melambai Jakarta tahun 1959 menyatakan bahwa hasil kongres rakyat Riau dan kongres rakyat Jambi meminta beliau untuk memperoleh otonomi daerah mereka masing-masing.

Dengan suara tegas dan lantang buya Ma'rifat Mardjani menyampaikannya dalam sidang paripurna hingga keluarnya Undang-Undang Darurat No. 19/1957 tentang Pemecahan Provinsi Sumatra Tengah menjadi Provinsi Sumatra Barat, Provinsi Riau dan Provinsi Jambi (Lembaran Negara Tahun 1957 No. 75). 

Kini Provinsi Riau dan Jambi telah tumbuh dan berkembang dengan segala dinamikanya. Provinsi Riau tumbuh menjadi daerah penopang ekonomi bangsa Indonesia.

Pijar melayu sebagai kelompok kajian strategis dan wadah pergerakan pemuda Melayu Riau mengajak pemerintah dan masyarakat Riau untuk mengenang jasa Buya Ma'rifat Mardjani dengan meneruskan perjuangan beliau.

Pemuda Melayu Riau harus bangkit bersama sama memperjuangkan agar provinsi Riau bisa lebih maju dan sejahtera lagi sebagaimana cita cita Buya Ma'rifat Mardjani. *"Dirgahayu Provinsi Riau".* *"Dirgahayu Provinsi Jambi."* Semoga apa yang telah diraih dan dicita-citakan para pendahulu dapat bermanfaat bagi rakyat Riau semua tanpa terkecuali. Bangun, kembangkan dan teruskanlah cita-cita pendahulu kita. 

Baca Juga: Cara Sang Garuda dan Sang Singa Melawan Pandemi Covid-19

Selamat jalan buya. Mudah-mudahan amal ibadah buya diterima Allah swt. Dilapangkan dan diterangkan kubur buya dan diletakkan ditempat yang layak disisi Allah swt. Doa kami menyertai kepergian buya kembali keharibaanNya. Aamiin.





loading...
Loading...