Menpar Arief Yahya Pastikan Bangun KEK Kreatif Seluas 300 Hektare di Rumbai Pekanbaru Tahun Ini

Menpar Arief Yahya Pastikan Bangun KEK Kreatif Seluas 300 Hektare di Rumbai Pekanbaru Tahun Ini

20 Agustus 2019
Kabag Humas Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru Mas Irba Sulaiman. Foto: Surya/Riau1.

Kabag Humas Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru Mas Irba Sulaiman. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meninjau lahan seluas 300 hektare di Kelurahan Palas, Kecamatan Rumbai, Pekanbaru. Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kreatif tersebut akan dibangun pada tahun ini.

Kabag Humas Sekretariat Daerah Pemko Pekanbaru Mas Irba Sulaiman, Selasa (20/8/2019), mengatakan, Menpar Arief Yahya berkunjung ke Pekanbaru tadi pagi. Menpar Arief meninjau lokasi KEK Kreatif di Kelurahan Palas, Kecamatan Rumbai. Rupanya, kawasan ini sudah disurvei tim dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

"Di Riau, ada dua lokasi yang mereka survei menjadi KEK Kreatif yaitu Palas dan Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis. Mereka akan kembangkan menjadi kawasan pariwisata," jelasnya.

KEK Kreatif ini akan dibangun menjadi kawasan Agro Wisata. Luas lahan yang dibangun sekitar 300 hektare di pinggiran Sungai Siak. 

"Mereka sudah punya pasarnya yaitu wisatawan dari Malaysia dan Singapur. Makanya kata Menpar Arief tadi pembangunan KEK Kreatif ini harus segera," ucap Irba.

Mengenai pembangunannya, pihak swasta sudah ada yang bersedia. Di samping itu, pembangunan KEK Kreatif ini telah dimasukkan ke dalam program percepatan kawasan Indonesia Barat.

Loading...

"Artinya, perencanaan kami dengan perencanaan Kemenpar cocok," sebut Irba.

Usai dari Palas, Menpar Arief Yahya bertolak ke Pulau Rupat di Kabupaten Bengkalis. Di sana, KEK Kreatif juga dibangun di pulau tersebut.

"Kedatangan beliau juga mewakili Presiden Joko Widodo untuk acara pacu jalur di Kabupaten Kuantan Singingi," ungkap Irba.