Keteladanan yang Diberikan Santri Dapat Apresiasi Gubri Syamsuar

Keteladanan yang Diberikan Santri Dapat Apresiasi Gubri Syamsuar

22 Oktober 2021
Santri Pesantren di Pelalawan

Santri Pesantren di Pelalawan

RIAU1.COM - Peringatan Hari Santri tahun ini, Tema 'Santri Siaga Jiwa Raga menurut Gubernur Riau, Syamsuar menjadi sangat penting dan relevan di era pandemi Corona Virus Desease (Covid-19).

"Seperti sekarang ini, dimana kaum santri tidak boleh lengah dalam menjaga protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Mengurangi Mobilitas, dan Doa," kata Syamsuar.

Hal ini juga, sebut dia, perlu diperhatikan oleh masyarakat Indonesia pada umumnya agar tetap menyiagakan jiwa serta raganya demi kepentingan bangsa Indonesia, terutama dalam rangka bersama-sama untuk bangkit dari dampak pandemi COVID-19. 

"Kita patut mengapresiasi pengalaman beberapa pesantren yang berhasil melakukan upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan atas dampak pandemi COVID-19," kata Syamsuar, Jumat (22/10/2021).

Sambung dia, hal ini menjadi bukti nyata bahwa pesantren juga memiliki kemampuan untuk menghadapi pandemi COVID-19 di tengah berbagai keterbatasan fasilitas yang dimilikinya.

"Modal utamanya adalah tradisi kedisiplinan dan sikap kehati-hatian yang selama ini diajarkan oleh para pimpinan pesantren kepada santri-santrinya," ujarnya.

"Tidak lupa pula bahwa keteladanan mereka berkontribusi untuk mendorong para santri bersedia ikut vaksin yang saat ini sedang diprogramkan oleh pemerintah," tuturnya.*