Begini 'Permainan Cantik' yang Dilakukan Oposisi Ketika Melawan Partai Paling Berkuasa di Singapura

Begini 'Permainan Cantik' yang Dilakukan Oposisi Ketika Melawan Partai Paling Berkuasa di Singapura

30 Juli 2020
Ilustrasi (foto: Istimewa/internet)

Ilustrasi (foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Partai Pekerja (Workers' Party/WP) sukses mencatatkan sejarah sepanjang negara Singapura berdiri.

Mereka berhasil mendapatkan jatah 10 kursi di parlemen Singapura. Sisanya diraih dengan mudah oleh partai yang paling berkuasa sejak negera ini berdiri yaitu Partai Aksi Rakyat (People's Action Party/PAP), dinukil dari tirto.id, Kamis, 30 Juli 2020.

Dalam pemungutan suara yang dilakukan pada 10 Juli 2020 silam, partai oposisi WP berhasil menarik simpati masyarakat dengan beberapa gebrakan.

Gebrakan pertama yaitu mereka memenuhi janji untuk memberikan suara alternatif di Parlemen Pasca-Pemilu 2015, mereka juga berani menentang UU dan amandemen konstitusi.

Aksi lain yang membuat WP dilirik karena memiliki strategi khusus dengan memanfaatkan media sosial, terutama dalam menjaring pemilih muda dan pemula, serta swing voters atau pemilih independen.

Dan yang terakhir WP memiliki tata kelola lokal yang baik. WP menjelaskan dan menjabarkan bahwa masyarakat mempunyai hak untuk mendapatkan pelayanan pemerintahan daerah yang baik dari mereka.

Semua analisa ini dijabarkan oleh Dr. Gilian Koh, direktur deputi departemen pemerintahan dan ekonomi Institute of Policy Studies, National University of Singapore.