Sejarah 29 Oktober: Tinggalkan Sistem Kerajaan, Turki Bentuk Pemerintahaan Baru

Sejarah 29 Oktober: Tinggalkan Sistem Kerajaan, Turki Bentuk Pemerintahaan Baru

29 Oktober 2020
Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet)

Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Negara Turki memulai sistem pemerintahaan baru tepat hari ini tahun 1923. Monarki, sistem pemerintahaan warisan Kesultanan Ottonom sebagian besar mereka tinggalkan.

Setahun kemudian atau tepatnya 20 April 1924, negara ini resmi menjadi negara republik dikutip dari kompas.com, Kamis, 29 Oktober 2020.

Sementara Kesultanan Ottonom dibubarkan pada 3 Maret 1924 dan seluruh anggota dinasti diasingkan keluar dari Turki. Semua bermula ketika terjadinya penolakan terhadap rezim Ottoman dari kelompok nasionalis Turki.

Mereka lalu mendirikan pemerintahan tandingan di Ankara, Anatolia tengah, dengan Mustafa Kemal Pasha sebagai pemimpinnya. Dan perang tak terelakkan.

Kesultanan Ottonom lalu menyerah pada pendukung Mustaf Kemal.

Loading...

Negosiasi sempat dilakukan dengan kelompok pemberontak. Hasilnya, dilakukannya pemilihan parlemen baru yang bertempat di Istanbul pada Januari 1920.

Hasil parlemen baru menyatakan mayoritas parlemen menentang kebijakan resmi pemerintah dan mengesahkan Pakta Nasional. Dirumuskan di Erzurum dan Sivas dengan tujuan untuk mencapai kemerdekaan.