Gubri Syamsuar Dapat Arahan Memaksimalkan Pemanfaatan E-Katalog

Gubri Syamsuar Dapat Arahan Memaksimalkan Pemanfaatan E-Katalog

2 Desember 2022
Gubri Syamsuar saat ikuti Rakor

Gubri Syamsuar saat ikuti Rakor

RIAU1.COM - Rakor Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia/Produk Dalam Negeri (BBI/PDN) dan Bangga Berwisata di Indonesia Aja (BBWI) 2023 dihadiri Gubernur Riau, Syamsuar.

Rakor dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Ivestasi (Menko Marves) RI Luhut Binsar Pandjaitan.

Menko Marves dalam arahannya mengatakan, akibat rendahnya kinerja UMKM/IKM/Artisan dan kunjungan wisatawan mancanegara akibat pandemi COVID-19, Presiden RI meluncurkan Gernas BBI pada 14 Mei 2020.

Dipaparkan Luhut, pada tahun 2022, Gernas BBI mendorong optimalisasi belanja Pemerintah untuk PDN. Sehingga pada 2023-2024, Gernas BBI memperdalam dan memperluas cakupan dengan penambahan aktivasi BBWI.

"Jadi tujuan utama dari Rakor ini adalah mendukung peranan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam program Gernas BBI/PDN dan BBWI dengan seluruh pemangku kepentingan," ungkap Luhut saat memimpin Rakor di Kantor Kemenko Marves, Jakarta pada Jumat (2/22/2022). 

Sementara, Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, bahwa sejumlah poin yang ditekankan dalam Rakor tersebut terkait kebijakan Pemda untuk program Gernas BBI/PDN, BBWI, dan menggerakkan wisata domestik. 

Dijelaskan dia, untuk meningkatkan PDN, semua kegiatan yang dilakukan oleh Pemda harus memprioritaskan Produk Dalam Negeri yang proses pengadaannya  melalui e-katalog. 

"Jadi Pak Menko Marves mengharapkan, semua daerah memaksimalkan, pemanfaatan e-katalog, penggunaan produk dalam negeri, mengembangkan UMKM, program bangga menggunakan produk Indonesia, dan menggerakkan wisatawan domestik," ujar Syamsuar. 

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa yang menjadi poin penting agar Pemerintah daerah bisa mempersiapkan program ini di tahun 2023. 

Syamsuar menyampaikan, Riau akan menjadi target program nasional melalui kegiatan Bulan Bahari.

Pemerintah pusat, kata dia, sudah membuat sejumlah agenda yang akan digelar di Provinsi DKI Jakarta, Banten, Sulawesi Tengah, Kalimantan Utara, Papua Barat, Riau. Kemudian, juga akan digelar di Kalimantan Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, dan Bengkulu. 

"Untuk Riau agenda Bulan Bahari yang akan digelar pada bulan Juni harus segera dipersiapkan, karena tim dari kemenko akan segera turun ke Riau, untuk memastikan dan akan mengumpulkan pemerintah kabupaten/kota," ucapnya.*