Banjir di Rambah Rokan Hulu, Ratusan Rumah Tergenang

Banjir di Rambah Rokan Hulu, Ratusan Rumah Tergenang

24 Agustus 2022
Kawasan yang terdampak banjir

Kawasan yang terdampak banjir

RIAU1.COM - Dikabarkan Air Sungai Batang Lubuh di Kabupaten Rokan Hulu meluap Rabu (24/8). Meski air belum sampai ke dalam rumah, namun halaman rumah ratusan warga sudah digenangi air.

"Ketinggian air saat ini sekitar 30 centimeter. Namun, air belum sampai masuk ke dalam rumah warga," ujar Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/Rambah, Kodim 0313/KPR, Peltu M Yakfi.

Permukiman penduduk yang terdampak, yakni di Lingkungan Tanjung Harapan, Kelurahan Pasir Pengaraian dan Dusun Tulang Gajah, Desa Pematang Berangan, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu.

Petugas gabungan dari TNI, Polri dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohul, saat ini sudah turun ke lokasi untuk memantau permukiman warga yang terdampak banjir.

"Banjir diakibatkan karena luapan Sungai Batang Lubuh. Sudah tiga malam berturut turun hujan, sehingga tadi pagi sekitar pukul 07.00 WIB, air sampai ke permukiman Desa Pematang Berangan," ucap Yakfi.

Saat ini, luapan air sudah merendam badan jalan dan sejumlah halaman rumah warga. Masyarakat setempat merasa cemas jika sewaktu-waktu air masuk ke dalam rumah.

Loading...

"Untuk jalan desa yang tergenang air di Lingkungan Tanjung Harapan, Kelurahan Pasir Pengaraian sepanjang 100 meter, dan di Dusun Tulang Gajah, Desa Pematang Berangan 150 meter. Namun, jalan ini masih bisa dilalui," kata Yakfi.

Tim gabungan masih bersiaga di lokasi untuk memantau kondisi Sungai Batang Lubuh. Dia mengatakan, luapan sungai akan berkurang jika hujan tidak kembali turun.

"Kita imbau agar masyarakat waspada jika terjadi banjir, dan mengawasi anak-anak agar tidak bermain di lokasi jalan yang tergenang air. Kami saat ini masih siaga terhadap luapan air sungai," pungkasnya.