Pastikan Aplikasi Siskeudes dan Siswaskeudes Berjalan, Bendahara Desa se Rohul Diberi Bimtek

Pastikan Aplikasi Siskeudes dan Siswaskeudes Berjalan, Bendahara Desa se Rohul Diberi Bimtek

8 November 2022
Saat pembukaan Bimtek penerapan Aplikasi Siskeudes dan Siswaskeudes

Saat pembukaan Bimtek penerapan Aplikasi Siskeudes dan Siswaskeudes

RIAU1.COM - Menindaklanjuti penerapan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Online dan Sistem Pengawasan Keuangan Desa (Siswaskeudes) Online, seluruh Bendahara Desa se Kabupaten Rokan Hulu diberi bimbingan teknis (Bimtek).

Wakil Bupati Rokan Hulu H.Indra Gunawan mengatakan peluncuran dan pemberian bimbingan teknis kepada Bendahara Desa se Kabupaten Rokan Hulu merupakan bentuk keseriusan ataupun komitmen Pemerintah Daerah dalam meningkatkan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan desa khususnya di bidang keuangan.

"Ini merupakan upaya mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang lebih akuntabel sebagaimana diamanatkan oleh undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa," jelas Wabup.

Dirinya menambahkan bahwa dalam implementasinya, aplikasi ini diperlukan adanya komitmen bersama baik bendahara selaku operator desa, kepala desa dan para camat untuk berkomitmen dan bertanggung jawab dalam penggunaan aplikasi ini.

"Karena secanggih apapun suatu aplikasi, apabila tidak ditindak lanjuti dengan komitmen tinggi dalam menjalankannya, maka akan berdampak terhambatnya tujuan dari kehadiran aplikasi siskeudes online ini," jelasnya.

Aplikasi Siskeudes online sebut dia, agar masyarakat dapat mengetahui anggaran pendapatan maupun pengeluaran Desa, sehingga keuangan Desa lebih transparan dan akuntabel.

"Oleh karena itu, kita berpesan kepada bendahara desa selaku operator desa, setelah peluncuran aplikasi siskeudes online ini, untuk semakin teliti, disiplin dan berhati-hati dalam pengelolaan keuangan," harap Wabup.*