Rabu, 28 Oktober 2020

SUMBAR

Makna dan Sejarah Rendang yang Hampir Tak Diketahui Banyak Orang

news24xx


Ilustrasi rendang (Foto: Istimewa/internet) Ilustrasi rendang (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Rendang salah satu nama masakan yang sudah mendunia memiliki sejarah panjang bagi masyarakat Minangkabau.

Semua bermula di wilayah daratan Minangkabau. Dimana warga disana biasa melakukan perjalanan menuju Selat Malaka hingga ke Singapura sekitar abad ketujuh yang dikenal dengan istilah marantau dikutip dari grid.id, Kamis, 1 Oktober 2020.

Baca Juga: BIM Perketat Pengawasan Prokes Saat Libur Panjang



www.jualbuy.com

Perjalanan melewati sungai ini memakan waktu sekitar satu bulan. Lantaran tidak ada perkampungan di sepanjang perjalanan tersebut maka para perantau tadi menyiapkan bekal yang dapat bertahan lama.

Bekal tersebut adalah rendang. Tahukah bahwa rendang berasal dari kata marandang yang artinya memasak santan hingga perlahan mengering.

Ini adalah metode pengawetan yang biasa dilakukan oleh masyarakat minang. Disebut rendang karena teksturnya kering. Jika masih berkuah dan becek maka itu adalah kalio.

Untuk maknanya, masyarakat Minangkabau menganggap rendang adalah masakan yang dapat mewakili seluruh lapisan masyarakat.

Baca Juga: Saat Libur Panjang, Masuk Wilayah Mentawai Wajib Bebas Covid-19

Seperti daging yang merupakan lambang Naniak Mamak atau para pemimpin suku, kemudian kelapa memiliki lambang Cadiak Pandal atau kaum intelektual.

Lalu cabai yang merupakan lambang Alim Ulama yang pedas dan tegas dalam mengajarkan syariat agama sementara bumbu merupakan lambang dari keseluruhan masyarakat Minangkabau.





loading...
Loading...