Harimau Tidur Dipingir Jalan Pemukiman Warga di Danau Kembar Solok Usai Mangsa Anjing

Harimau Tidur Dipingir Jalan Pemukiman Warga di Danau Kembar Solok Usai Mangsa Anjing

3 Desember 2020
Harimau Sumatera di Solok

Harimau Sumatera di Solok

RIAU1.COM -Solok - Warga Nagari Simpang Tanjuang Nan Ampek, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok, Sumatera Barat resah dengan munculnya seekor harimau. Harimau Sumatera itu terlihat beberapa kali pada Rabu (2/12/2020). 

Camat Danau Kembar Eka Putra di Kecamatan Danau Kembar, mengatakan harimau Sumatera itu muncul di dua tempat sebanyak empat kali.

"Dari cerita masyarakat, harimau itu muncul di daerah Jorong Lurah Ingo, Nagari Simpang Tanjuang Nan Ampek, saat pagi hari. Dan sempat memangsa anjing milik warga," kata Eka dilansir dari sumbar.antaranews.com (3/12)

"Harimau berukuran besar itu kemudian tidur di pinggir jalan dekat rumah warga. Warga hanya bisa menyenteri untuk mengisi dan malahan harimau mendekat," ceritanya. 

Terkait munculnya satwa buas ini, camat dan Polsek Danau Kembar langsung menghubungi BKSDA dan turun ke lokasi. 

Untuk mengusir ke habitatnya, sempat dilakukan letusan sebanyak empat kali oleh Kapolsek Danau Kembar. Dan akhirnya harimau pergi menjauh dari pemukiman warga. 

Berselang setengah jam setelah itu, masyarakat di kawasan Rawang Gadang juga dikejutkan dengan terlihatmya harimau. Satwa itu dilaporkan tidur dekat kawasan parkir kendaraan masyarakat.

Petugas dan masyarakat pun mencoba mengusir harimau menggunakan mobil. Akhirnya harimau itu mengindar. Namun, harimau tersebut malah masuk ke kawasan Lanyah, daerah antara Lurah Ingo dan Rawang Gadang.

Untuk mengantisipasi gangguan harimau terhadap warga, Kapolsek dan camat bersama rombongan langsung menuju kawasan Lanyah. Di lokasi itu, juga dilakukan letusan peluru tiga kali untuk mengusir harimau.

Pada sore harinya, harimau yang sempat muncul di Rawang Gadang kembali keluar ke kawasan pemukiman warga. Kemudian harimau tersebut menghilang. 

"Kemungkinan besar, harimaunya ada dua ekor, tapi untuk info lebih pastinya kita tanyakan ke BKSDA," kata dia.

Ia mengatakan sampai saat ini pihak BKSDA, Polsek serta masyarakat setempat masih melakukan upaya pengusiran harimau tersebut.

Masyarakat di daerah Danau Kembar  diminta untuk tetap waspada dan berhati-hati hingga harimau tersebut dipastikan kembali ke habitatnya atau ditangkap oleh pihak yang berwenang. [N24]