Ledakan di Sumur Minyak PT BSP: 1 Tewas, 4 Luka-luka

Ledakan di Sumur Minyak PT BSP: 1 Tewas, 4 Luka-luka

1 Februari 2023
Lokasi ledakan di kawasan PT BSP

Lokasi ledakan di kawasan PT BSP

RIAU1.COM - Anton (36) seorang pekerja PT Bumi Siak Pusako (BSP) tewas saat bekerja di sumur minyak tua milik perusahaan tersebut. Selain itu, 4 pekerja lainnya mengalami luka bakar.

Berdasarkan keterangan Kapolres Siak AKBP Ronald Sumaja, pipa sumur minyak itu meledak tepatnya di Bekasap 02 Dayun Kabupaten Siak, Riau. Peristwia itu terjadi saat pekerja dari PT BSP akan mengambil gate valve dari pipa minyak yang sumurnya sudah mati. 

Gate valve itu, sebut dia, rencananya akan digunakan di sumur-sumur yang masih aktif. Pekerja pun lalu memotong baut yang ada di pipa dan sudah berkarat.

"Awalnya petugas memotong baut yang sudah berkarat pakai alat pemotong berupa las pemotong. Tetapi pemotongan itu mengakibatkan ledakan," kata Ronald Selasa (31/1).

Kemudian Ronald menjelaskan, ledakan itu terjadi diduga karena masih adanya sisa gas di tabung pipa minyak. Naas, seorang pekerja PT Bumi Siak Pusako bernama, Anton (36) tewas akibat ledakan itu.

"Korban bernama Anton yang merupakan pekerja di PT BSP," jelas Ronald.

Lanjur Ronald, mendapat informasi empat korban luka bakar lainnya telah dievakuasi ke rumah sakit untuk dirawat. Tetapi pihak BSP tidak memberi tahu di rumah sakit mana para korban dirawat.

"Belum diketahui secara pasti untuk kondisi terkini dan identitas korban yang selama," katanya.

Bahkan Ronald mengaku baru tahu ada insiden ledakan pada Senin (30/1) kemarin. Dia pun langsung meminta Kasat Reskrim Iptu Tony untuk turun ke lokasi memastikan kondisi di lokasi dan olah tempat kejadian perkara.

Peristiwa itu terjadi diperkirakan pada Kamis (26/1). Polisi tidak mendapat informasi apapun dari PT BSP. "Justru kita tahu dari rekan-rekan media," demikian Ronald.*