Mahasiswa KKN MBKM Unri Gelar Aksi Penanggulangan Stunting di Kandis Siak

Mahasiswa KKN MBKM Unri Gelar Aksi Penanggulangan Stunting di Kandis Siak

14 Desember 2023
KKN MBKM Unri di Kandis

KKN MBKM Unri di Kandis

RIAU1.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKN MBKM) Universitas Riau (Unri) 2023, melakukan aksi penanggulangan stunting bersama masyarakat, Pemerintah Desa, dan pihak Puskesmas Belutu, Kandis, Kabupaten Siak, Jum'at (10/12/2023).

Mayoritas anak-anak di wilayah Desa Belutu beresiko mengalami stunting, dikarenakan kurangnya pengetahuan dan informasi terkait pencegahan stunting dan pemberian makanan yang baik dan sehat kepada anak.

Hal ini membuat Mahasiswa KKN MBKM Fakultas Keperawatan Universitas Riau Kelompok 35 melakukan beberapa langkah dalam pencegahan stunting, yaitu penyuluhan, pemeriksaan kesehatan gratis, perlombaan pembuatan makanan sehat dan penanaman Toga (Tanaman Obat Keluarga).

Menanggulangi stunting bukanlah tugas yang mudah, namun ini adalah tantangan bersama yang harus dihadapi oleh semua pihak. Dengan pemahaman yang lebih baik mengenai akar permasalahan stunting dan kerjasama yang kokoh antara berbagai sektor, kita dapat menciptakan generasi yang kuat, cerdas, dan siap menghadapi masa depan.

“Mari bersama-sama memberikan perhatian dan aksi nyata untuk memastikan bahwa setiap anak memiliki hak untuk tumbuh kembang secara optimal, sehingga Indonesia dapat mencapai prestasi gemilang di berbagai bidang,” ajak salah satu Anggota KKN Unri, Firta Aisyah Harfia.

Lebih lanjut, sambung dia, kolaborasi yang sinergis antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta, kita dapat membangun fondasi kuat untuk mengatasi stunting.

“Hal ini tidak hanya akan membentuk generasi yang lebih sehat dan cerdas, tetapi juga mengarah pada peningkatan kualitas sumber daya manusia yang mendukung pertumbuhan dan kemajuan negara secara keseluruhan,” pungkasnya.

Kelompok 35 KKN MBKM FKp Universitas Riau terdiri dari Afdi Setiawan, Firta Aisyah Harfia, Habibah Syana, Fajrina Insyirah A.S, Heni Amelia, Latifa Murani, Siti Rohma Nurul Asyam, Yelly Muthia Sabri, Calvin Khan Nolip, Serla Suryadina, dengan Dosen Pembimbing Lapangan, Ns. Darwin Kari, M. Biomed.**