Pemkab Siak Dapat DAK Bidang KB Rp4,9 Miliar

Pemkab Siak Dapat DAK Bidang KB Rp4,9 Miliar

22 Februari 2024
DAK yang diterima Pemkab Siak dari BKKBN

DAK yang diterima Pemkab Siak dari BKKBN

RIAU1.COM - Dana Alokasi Khusus (DAK) Sub Bidang KB dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) diterima Pemerintah Kabupaten Siak.

Bantuan tersebut, diserahkan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Mardalena Wati Yulia pertengahan pekan ini.

Diketahui, Dana Alokasi Khusus Sub Bidang KB ini merupakan dana yang diberikan kepada kabupaten kota langsung dari Pemerintah Pusat, yang bertujuan untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan KB dan kesehatan reproduksi yang merata dalam mendukung pencapaian sasaran prioritas pembangunan Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting.

Bupati Alfedri juga menerima Petunjuk Teknis (Juknis) yang menjadi petunjuk atau acuan terkait penggunaan anggaran yang dialokasikan untuk kabupaten Siak berjumlah Rp 4,9 miliar tersebut.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau. Selanjutnya akan menjalankan program-program yang sudah direncanakan untuk tahun 2024 ini khususnya di sub Bidang KB, OPD terkait,” ujar Alfedri pada Rabu, (21/2/2024).

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Mardalena Wati Yulia mengapresiasi atas komitmen Bupati Siak pada program Bangga Kencana dan PPS.

“Kami turut bangga karena Siak mendapatkan penghargaan Manggala Karya Kencana dalam pelaksanaan Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2023. Kemudian penyerapan anggaran BOKB Kabupaten Siak sudah cukup baik,” sebutnya.

Ia menambahkan, dengan adanya program Bangga Kencana, tidak hanya berkaitan dengan keluarga berencana, tetapi juga dengan kesejahteraan keluarga secara menyeluruh.

“Karena itu semua pihak diminta ikut mendukung dan berpartisipasi dalam program ini," tuturnya.*