Bupati Inhil Jadi Pembicara Dialog Nasional Perkelapaan Sempena Harkitnas 2021

Bupati Inhil Jadi Pembicara Dialog Nasional Perkelapaan Sempena Harkitnas 2021

21 Mei 2021
Bupati Inhil saat memberikan paparan

Bupati Inhil saat memberikan paparan

RIAU1.COM -Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan didaulat menjadi salah satu pembicara dalam dialog nasional tentang perkelapaan yang ditaja oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Tahun 2021, Kamis 20 Mei 2021 di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta.

Dalam Dialog Nasional yang dapat diikuti secara virtual oleh para peserta itu, Bupati Kabupaten Inhil dipercaya sebagai pembicara bersama Direktur International Coconut Community (ICC), Ir Jelfina C. Alouw, MSc PhD, Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat, Hairan SH dan Sahabat Kelapa Indonesia, Ardi Simpala, STP MSc. 

Jalannya dialog nasional yang mengusung tema "Membangun Literasi Kelapa: Memulihkan Perkelapaan Indonesia pada Momentum Hari Kebangkitan Nasional" itu dipandu langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI, Drs M Syarif Bando, MM.

Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kepercayaan yang diberikan untuk menjadi pembicara di acara itu.

Melalui kesempatan itu, dikatakan Bupati, dirinya dapat memperkenalkan potensi perkelapaan Kabupaten Indragiri Hilir serta menjadikan dialog nasional sebagai sarana pengembangan literasi perkelapaan.

"Alhamdulillah, Perpustakaan Nasional memberikan perhatian yang luar biasa terhadap pengembangan perkelapaan Indragiri Hilir sebagai bagian dari upaya terintegrasi dalam meningkatkan ketahanan pangan nasional," ungkap HM Wardan usai acara.

Di samping itu, bupati juga mengapresiasi kerjasama yang terjalin antara Pemerintah Kabupaten Inhil dan Perpustakaan Nasional selama ini sehingga dengan kerjasama itu Kabupaten Indragiri Hilir memperoleh bangunan perpustakaan 6 lantai dari Perpustakaan Nasional.

"Di lantai 3 perpustakaan itu nantinya akan difokuskan untuk literatur khusus tentang perkelapaan. Semoga dengan pengembangan literasi ini dapat mendorong masyarakat untuk lebih giat membaca," ujar bupati.

Loading...

Dalam dialog nasional tersebut, HM Wardan juga memaparkan sejumlah hal yang berkenaan dengan perkelapaan Indragiri Hilir, mulai dari sejarah hingga hilirisasi kelapa oleh industri.

Bupati menuturkan, terdapat 389.037 hektare luas lahan kebun kelapa yang terhampar di Kabupaten Inhil, terdiri atas 340.773 hektare kebun kelapa rakyat dan 48.264 kebun milik swasta bahkan luas lahan kelapa di Kabupaten Indragiri Hilir tersebut setara dengan 11, 39 persen luas lahan kelapa nasional.

"Sejumlah masalah tak jarang ditemukan oleh para petani kelapa di Kabupaten Inhil, diantaranya kondisi kebun kelapa tua, produktifitas rendah, serangan hama dan fluktuasi harga," paparnya.

Guna mengatasi permasalahan itu, sederet upaya untuk mempertahankan keberadaan kelapa di Kabupaten Inhil juga telah ditempuh, misalnya melalui upaya penanggulangan, peremajaan kebun, perbaikan trio tata air, penelitian bibit unggul, perbaikan aspek hilir dan penanganan hama terpadu.

Lebih lanjut, bupati mengemukakan, selain masalah dan solusi, pada kelapa Indragiri Hilir juga terdapat inovasi dan diversifikasi produk turunan dengan hilirisasi melalui sektor industri pengolahan kelapa.

"Setidaknya terdapat 5 langkah utama yang perlu diperhatikan dalam upaya menyelamatkan kelapa Indonesia, yakni kemampuan petani, penanganan cepat, membangun literasi kelapa, penguatan kerjasama dan diversifikasi produk," pungkasnya. (Adv)