Tingkatkan Produktifitas, Gubri Syamsuar Serahkan Alsintan pada Kelompok Tani

Tingkatkan Produktifitas, Gubri Syamsuar Serahkan Alsintan pada Kelompok Tani

9 Maret 2022
Saat gubri Syamsuar serahkan Alsintan pada kelompok tani

Saat gubri Syamsuar serahkan Alsintan pada kelompok tani

RIAU1.COM - Dalam rangka meningkatkan produktifitas dan kesejahteraan petani, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, menyerahkan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada Kelompok Tani Karya Abadi, Desa Langkat, Rabu (9/3/2022). 

Penyerahan Alsintan ini digelar di Desa Langkat, Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis, dan disaksikan Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso, juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau, Syahfalefi. 

Alsintan ini diserahkan Syamsuar secara simbolis kepada beberapa petani yang ada di Desa Langkat. Adapun Alsintan yang diserahkan, yakni benih talas ungu, dolomit, pupuk organik, pupuk hayati, pupuk NPK, herbisida, power thresher, traktor roda empat, traktor roda dua, dan kendaraan roda tiga. 

"Semoga bisa bermanfaat dan bisa membantu para petani," kata Syamsuar. 

Syamsuar berharap dengan diserahkannya Alsintan tersebut, dapat meningkatkan produktifitas petani sehingga kesejahteraan para petani juga semakin meningkat. 

Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sriwerdana Desa Langkat Bengkalis Jaini, merasa senang dan berterimakasih atas bantuan Alsintan yang diserahkan Gubernur Syamsuar. 

"Kami mewakili kelompok tani di Desa Lengkat ini, suatu kebanggan bagi kami para kelompok tani," ujar Jaini.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani (Kelompok) Tani Karya Abadi, Selamat, juga mengucapkan terimaksih atas bantuan Alsintan yang diserahkan Gubri. 

Sebagai penangkar benih yang baru berdiri sejak 2019 lalu, Kelompok Tani Karya Abadi telah memproduksi benih 13 ton di tahun 2019, 57 ton benih padi di 2020, 50 ton di 2021 dan 51 ton benih di 2022. 

"Terimakasih atas kehadiran Pak Gubernur Riau sekaligus atas bantuan Alsintan dan gudang benih padi, ini sangat bermanfaat untuk kami," ucap Selamat. 

Bersamaan dengan kesempatan tersebut, juga diresmikan gudang benih padi dan lantai jemur kelompok tani Karya Abadi. (ADV)