Wakil Ketua dan Komisi V DPRD Riau Kunjungi BUMDes di Rokan Hilir

Wakil Ketua dan Komisi V DPRD Riau Kunjungi BUMDes di Rokan Hilir

15 Juli 2022
Saat kunjungan DPRD Riau pada BUMDes di Rokan Hilir

Saat kunjungan DPRD Riau pada BUMDes di Rokan Hilir

RIAU1.COM - Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Syafaruddin Poti, bersama Komisi V DPRD Provinsi Riau melakukan Kunjungan Insidentil (Kuntil) ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tanjung Membangun Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Jumat (15/07/2022).

Rombongan Komisi V DPRD Provinsi Riau diterima langsung oleh Ketua BUMDes Tanjung Membangun Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rohil Joko Prayitno, beserta jajaran BUMDes lainnnya.

Kesempatan ini dimanfaatkan oleh DPRD Provinsi Riau untuk mengetahui pelayanan yang diberikan oleh BUMDes di daerah Ujung Tanjung.

Selain itu juga dilakukan diskusi guna kemajuan BUMDes Tanjung Membangun Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rohil kedepannya.

Untuk diketahui, Gubernur Riau, Syamsuar mengaku bahwa semua desa yang ada di Bumi Lancang Kuning ini telah memiliki BUMDes.

Adapun tujuan BUMDes itu, kata dia, untuk memajukan dan menyejahterakan masyarakat desa. 

"Semua desa di Riau sudah mempunyai BUMDes semenjak adanya Bantuan Keuangan Khusus (BKK)," ujar Syamsuar belum lama ini.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, sebanyak 386 atau 24 persen desa di Riau memiliki BUMDes berkembang. Jumlah BUMDes tumbuh sebanyak 442 atau 28 persen, dan 561 atau 35 persen adalah BUMDes dasar.

Data Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Riau menyebutkan, pada 2021, sebanyak 1.591 desa di Riau sudah memiliki BUMDes. Sebanyak 202 desa di antaranya dinilai telah maju dalam mengembangkan BUMDes. (ADV)