100 Hari Kerja Pj Wali Kota Pekanbaru, Jalan Berlubang Makin Berkurang

100 Hari Kerja Pj Wali Kota Pekanbaru, Jalan Berlubang Makin Berkurang

7 September 2022
Pekerja Dinas PUPR Pekanbaru menambal berlubang di samping kantor gubernur Riau. Foto: Istimewa.

Pekerja Dinas PUPR Pekanbaru menambal berlubang di samping kantor gubernur Riau. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM - Tepat di tanggal 23 Mei 2022, Muflihun secara resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar. Usai dilantik, Muflihun bertekad untuk menyelesaikan beberapa program kerja prioritas.

Ada tiga program prioritas dari Gubri Syamsuar yang harus diselesaikan Muflihun yakni menyelesaikan persoalan banjir, sampah, dan jalan berlubang. Kini, 100 hari telah berlalu. Muflihun berhasil menyelesaikan target-target yang sudah dipasangnya di masa 100 hari kerjanya.

"Di 100 hari kerja, saya bisa memberikan bukti. Dari tiga program prioritas, semua sudah ada peningkatan dibandingkan dengan sebelumnya," ucap Muflihun, Rabu (7/9/2022).

Dalam hal pembenahan jalan berlubang, semuanya sudah tercapai. Sebanyak 91 ruas jalan telah diperbaiki dalam 100 hari kerja.

"Titik banjir juga sudah ada kurang lebih 91 persen tercapai dari target yang kami beri," ujar Muflihun. 

Dijelaskannya, panjang jalan yang ada sekitar 1.277 Kilometer (Km) di Pekanbaru. Namun, semua jalan itu bukan wewenang Pemko Pekanbaru. Jalan yang ada termasuk wewenang Pemprov Riau dan pemerintah pusat.

"Jadi yang kami benahi ini jalan kota. Hari ini, target yang kami pasang rata-rata sudah hampir 100 persen," ungkap Muflihun. 

Ia memang berkomitmen menuntaskan perbaikan ruas jalan rusak. Perbaikan jalan rusak termasuk prioritas pembenahan infrastuktur pada 2023.

"Kami sudah menganggarkan anggaran untuk memperbaiki ruas jalan rusak. Saat ini, APBD 2023 masih tahap pengusulan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) ke DPRD Kota Pekanbaru. Usulan itu termasuk anggaran untuk memperbaiki ruas jalan rusak," ungkap Muflihun. 

Ia sudah berjanji kepada masyarakat untuk membenahi ruas jalan berlubang dan rusak. Ia menyadari perbaikan yang dilakukan nanti belum bisa membenahi seratus persen ruas jalan rusak.

Loading...

"Saya juga sudah langsung turun ke lapangan untuk melakukan peninjauan jalan-jalan rusak. Ada beberapa titik yang sudah saya datangi seperti di ruas Jalan Harmonis, Jalan Delima, dan lain sebagainya. Saya mendorong camat dan lurah untuk inventarisir ruas jalan rusak," ucap Muflihun.

Dinas PUPR Kejar Target

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru terus menggesa perbaikan jalan. Apalagi, Dinas PUPR telah menargetkan di masa 100 kerja hari Pj Wali Kota. 

"Dalam 100 hari kerja itu, kami mampu menyelesaikan 91 ruas jalan rusak. Kalau untuk target tersebut sekarang memang masih dihitung," kata Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Kamis (25/8/2022). 

Dua bulan setelah Pj Wali Kota dijabat Muflihun, target tersebut sudah mencapai 70 persen ke atas dalam dua bulan lalu. Sekarang ini, staf sedang melakukan penghitungan di lapangan. Namun kemungkinan hingga saat ini sudah 100 persen.

"Kami memang sudah menargetkan di 100 hari kerja Pj Wali Kota untuk menyelesaikan 91 ruas jalan rusak. Perbaikan jalan ini mulai dari tambal sulam dan juga penanganan banjir. Sekarang masih dihitung," ucap Indra Pomi. 

Diberitakan sebelumnya, Dinas PUPR Pekanbaru menargetkan perbaikan sebanyak 91 titik jalan rusak dalam jangka waktu 100 hari kerja Pj  Wali Kota Pekanbaru Muflihun. Saat ini, terdapat sekitar 1.946 ruas jalan dengan 24 persen di antaranya dalam kondisi rusak.

Terbatasnya ketersediaan anggaran tidak memungkinkan bagi Dinas PUPR untuk melakukan perbaikan jalan dalam jumlah yang banyak. Maksimal hanya 4 persen (dari total jalan rusak) sampai akhir tahun anggaran yang bisa diperbaiki. (Advertorial).