4 Program Prioritas Pj Wali Kota Pekanbaru Demi Masyarakat

4 Program Prioritas Pj Wali Kota Pekanbaru Demi Masyarakat

7 Februari 2023
4 Program Prioritas Pj Wali Kota Pekanbaru Demi Masyarakat.

4 Program Prioritas Pj Wali Kota Pekanbaru Demi Masyarakat.

RIAU1.COM - Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun memastikan berbagai program prioritas akan dijalankan pada tahun 2023 ini. Program prioritas itu antara lain santunan kematian, beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan keluarga tidak mampu, subsidi bunga bagi pelaku UMKM, Kunjungan Rumah Masyarakat Hidup Sehat (Kurma Manis) maupun bantuan makanan bagi warga tidak mampu, anak terlantar, dan penyandang disabilitas. 

"Saya harap semuanya bisa terlaksana tahun ini. Saat ini, satu per satu program prioritas mulai kami luncurkan," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun, Senin (6/2/2023). 

Pemko Pekanbaru tetap menjalankan program prioritas walau masih ada puluhan miliar rupiah tunda bayar. Pemko sudah berjanji ke masyarakat terkait program prioritas ini. 

"Kami ingin lebih dekat ke masyarakat. Seluruh program prioritas akan tetap kami luncurkan di tahun ini sesuai dengan janji saya sebelumnya kepada masyarakat," ungkapnya.

Layanan Kurma Manis

Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun secara resmi meluncurkan program Kunjungan Rumah Masyarakat Hidup Sehat (Kurma Manis) pada 30 Januari 2023. Peresmian program ini berlangsung di Puskesmas Sapta Taruna, Jalan Sapta Taruna.

"Hari ini, sama-sama kita menyaksikan peresmian program Kunjungan Rumah Masyarakat Hidup Sehat atau Kurma Manis," ujar Muflihun usai peresmian, Senin (30/1/2023).

Program ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan di Kota Pekanbaru.

"Tentunya setelah peresmian program ini, pelayanan belum sepenuhnya seratus persen maksimal, pasti ada kekurangan. Namun hari ini, kami sudah memberanikan diri untuk memberikan ruang komunikasi yang cepat kepada masyarakat terkait dengan kesehatan," ucap Muflihun. 

Program ini akan terus dilakukan evaluasi. Sehingga, program ini bisa jadi program yang mempunyai manfaat positif bagi masyarakat. Sehingga ketika masyarakat sakit dan tak bisa berkunjung ke dokter karena berbagai faktor, tinggal menelpon call center atau nomor yang sudah disediakan.

"Saya harap masyarakat Pekanbaru bisa merasakan fasilitas kesehatan yang ada di Pekanbaru. Jika nantinya ketika pasien tidak bisa diobati di rumahnya, maka akan dirujuk ke rumah sakit," sebut Muflihun.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru Dokter Zaini Rizaldy mengatakan, program ini merupakan salah satu prioritas Pj wali kota disamping program lain yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Diharapkan, program ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Untuk prosedur layanan Kurma Manis ini, bisa didapatkan dengan cara menghubungi Call Center di nomor 0851-0731-1234 atau bisa juga diakses melalui layanan Emergency Call yang dikoordinir oleh Diskominfo dengan nomor 112," jelas Muflihun.

Dinkes sedang memperbaiki sistem yang lagi lebih baik untuk pelayanan ke depan. Sehingga, program ini mudah masyarakat terlayani dan tidak dibebankan biaya yaitu layanan 119.

"Namun karena ini masih dalam tahap proses, kami masih mengandalkan nomor call center tadi. Nomor yang dihubungi memang masih berbayar sesuai dengan provider masing-masing," jelasnya.

Subsidi Bunga Pinjaman

Pemko Pekanbaru meresmikan program subsidi bunga pinjaman bank di Sukaramai Trade Center (STC), Kamis (26/1/2022). Subsidi bunga pinjaman hanya diberikan kepada 1.111 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Bank Pekanbaru (PT BPR Pekanbaru Madani).

"Hari ini, kami meresmikan subsidi bunga pinjaman bagi pelaku UMKM di Bank Pekanbaru. Bank Pekanbaru sudah meraup keuntungan pada tahun lalu. Artinya, bank ini sudah mulai sehat," ujar Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi usai peresmian saat itu. 

Mudah-mudahan dengan subsidi bungan pinjaman ini, para pelaku UMKM bisa kembali berusaha. Tapi, para pelaku UMKM diminta memanfaatkan uang pinjaman ini dengan baik.

"Jangan sampai bermasalah. Jangan hasil usaha digunakan untuk pribadi. Nanti, kepala Dinas Koperasi dan UKM memberikan pelatihan tentang mengelola usaha," ujar Indra Pomi.

Jadi, manajemen usaha juga harus baik. Pinjaman dari Bank Pekanbaru jangan sampai tak dikelola dengan baik.

"Kami targetkan 1.111 UMKM yang diberikan subsidi bungan pinjaman. Bantuan pinjaman ini hanua bagi pelaku UMKM yang memenuhi persyaratan," ungkap Indra Pomi.

Kesempatan yang sama, Direktur Utama (Dirut) Bank Pekanbaru Akhmad Fauzi mengatakan, subsidi bunga pinjaman sebesar 9 persen hanya diberikan bagi 1.111 pelaku UMKM. Jadi, pelaku UMKM hanya dikenakan bunga 3 persen saja. Jika tak disubsidi (normal), bunga pinjaman di bank sebesar 12 persen.

"Plafon anggaran sebesar Rp3 miliar bagi 1.111 pelaku UMKM tahun ini. Pinjaman paling tinggi hanya Rp15 juta," jelasnya.

Namun, pelaku UMKM yang ingin mendapatkan subsidi bunga pinjaman ini harus memenuhi persyaratan yang ditentukan Bank Pekanbaru. Pertama, memenuhi kriteria usaha mikro dan kecil yang produktif dan layak.

Kedua, penduduk Kota Pekanbaru yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Ketiga, bertempat usaha di Kota Pekanbaru.

Keempat, lolos informasi debitur dengan kategori lancar (kredit di bank lain tak macet). Kelima, Kartu Keluarga (KK).

Keenam, pas foto suami, istri, dan atau penjamin. Ketujuh, rencana anggaran biaya penggunaan dana.

Kedelapan, Nomor Induk Berusaha (NIB). Kesembilan, Surat Pakta Integritas bahwa debitur mendapatkan bantuan subsidi bunga dari Pemko Pekanbaru.

Kesepuluh, Surat Keterangan Usaha Mikro dan Kecil dari Dinas Koperasi, Usaha kecil dan Menengah Kota Pekanbaru. Terakhir, persyaratan lain sesuai ketentuan.

Bantuan Orang Terlantar

Dinas Sosial (Dinsos) Pekanbaru sudah menyalurkan bantuan makanan kepada 25 orang Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) atau orang terlantar. Bantuan diberikan saat orang terlantar ditampung di shelter Dinsos Pekanbaru.

"Untuk saat ini terus berproses. Tapi, ada beberapa yang sudah diberikan saat mereka berada di shelter. Sampai saat ini sudah sekitar 25 orang," kata

Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi Sosial (Resos) Dinsos Kota Pekanbaru, Adriani, Selasa (3/2/2023).

PMKS yang ditampung merupakan hasil jangkauan dan pengaduan dari pihak kepolisian. Saat ini, ada 4 orang PMKS yang masih ditampung di shelter dan sudah dilakukan asesmen. Setelah asesmen, PMKS ini akan dipulangkan ke pihak keluarga.

"Ada yang asal Mentawai, Sumatera Barat. Mereka akan dirujuk terlebih dahulu ke Dinas Sosial Padang dan akan diteruskan ke pihak keluarganya di Mentawai. Ada bayi usia 8 bulan dan ada anak usia 10 tahun," terangnya.

Masyarakat diimbau agar tidak memberikan bantuan di jalanan. Salurkan bantuan di tempat yang telah ditentukan, seperti ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Beasiswa Mahasiswa

Pemko Pekanbaru akan memberikan bantuan beasiswa untuk program D3 dan S1 melalui APBD Tahun 2023. Mahasiswa sudah dapat mengajukan bantuan beasiswa dari Pemko Pekanbaru pada Maret 2023 mendatang.

Asisten III Pemko Pekanbaru Masykur Tarmizi, Kamis (2/2/2023), mengatakan, program ini akan dimulai pada Maret 2023. Mahasiswa bisa mendaftar atau akses secara online.

"Sesuai jadwal yang sudah disusun, kami umumkan bulan Februari dan Maret sudah bisa mendaftar secara online," ujarnya. 

Penerima bantuan beasiswa ini merupakan mahasiswa berprestasi dan keluarga tak mampu. Selain itu, mahasiswa berprestasi di bidang olahraga, seni, maupun akademik dapat mengajukan bantuan beasiswa ini.

"Kalau mahasiswa dari keluarga tidak mampu, harus terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos). Kalau mahasiswa berprestasi, kami lihat prestasi bidang apa, apakah akademik, ada persyaratan IPK," jelas Masykur. 

Pihaknya akan menilai bidang prestasi yang dimiliki para calon pendaftar. Misalnya, kalau prestasi bidang olahraga, pernah juara di tingkat nasional.

Selanjutnya, mahasiswa yang telah mendaftar secara administrasi, tim akan melakukan verifikasi terlebih dahulu. Setelah dilakukan verifikasi selanjutnya dilakukan penyaluran beasiswa.

"Setelah kita verifikasi baru penyaluran oleh bagian Kesra. Untuk besaran bantuan beasiswa bervariasi, baik itu untuk S1 atau D3," sebut Masykur (Advertorial)