Berkunjung Ke AMSI DIY, AMSI Riau Belajar Mengelola Bisnis Media Era Digital

Berkunjung Ke AMSI DIY, AMSI Riau Belajar Mengelola Bisnis Media Era Digital

4 Agustus 2023
Berkunjung Ke AMSI DIY, AMSI Riau Belajar Mengelola Bisnis Media Era Digital.

Berkunjung Ke AMSI DIY, AMSI Riau Belajar Mengelola Bisnis Media Era Digital.

 

RIAU1.COM - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Riau terus melakukan kolaborasi dalam upaya pengembangan bisnis digital para anggotanya. Salah satunya dengan melakukan kunjungan kerja ke AMSI Daerah Istimewa Yogyakarta di Yogyakarta, 27-28 Juli 2023.
Selama dua hari, seluruh pengurus dan anggota AMSI Wilayah Riau berkunjung sekaligus belajar model bisnis digital pada sejumlah media di Kota Keraton tersebut.

"Perkembangan dan perubahan model bisnis media sangat cepat dan beragam. Karena itu, kami harus terus belajar. Terutama pada media-media digital di daerah lain yang terbukti berhasil memilih dan menerapkan model bisnisnya," papar Ketua AMSI Riau, Ahmad S Udi.

Dijelaskannya, pada hari pertama, Kamis (27/7/2023), setelah mendarat di Bandara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo, rombongan langsung bertolak ke Kantor Redaksi Harian Yogya yang juga Sekretariat AMSI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Rombongan AMSI Riau disambut Pemred Harian Jogja yang juga Ketua AMSI DI Yogyakarta Anton Wahyu Prihatono dan beberapa pengurus. Diskusi berlangsung sekitar dua jam.

Rombongan AMSI Riau mendapat sejumlah masukan dan pengalaman baru model bisnis media digital yang diterapkan Harian Jogja dan media anggota AMSI Yogya lainnya, seperti Mojok.co dan jogja.suara.com. Selain iklan dan advertorial direct, pendapatan bisnis media bisa didapat dari beberapa kreativitas digital. 

Seperti pembuatan film pesan positif dari instansi atau perusahaan swasta. Selain itu juga menggelar beberapa iven yang menggaet para pembaca baru tentunya.

"Sudah beberapa kali kami membuat film pendek untuk instansi pemerintah. Kami juga menyunting dan mencetak majalah dinas tertentu dari kabupaten tertentu," jelas Anton.

Pemasukan dari kegiatan bisnis model baru ini, menurut Anton, sangat membantu menopang kinerja bisnis perusahaan media. Beruntungnya, cukup bagusnya perkembangan industri kreatif di Yogyakarta sangat mendukung sektor lainnya, tak terkecuali bisnis media digital. Pertemuan hari itu diakhiri dengan foto bersama.

Kemudian pada hari kedua, Jumat (28/7/2023), rombongan AMSI Riau belajar ke Kantor Redaksi Tribun Jogja. Pemimpin Redaksi Ribut Raharjo menerima kunjungan tersebut dengan penanggung jawab konten digital Ikrob. 

Dalam pertemuan tersebut, media-media anggota AMSI Riau mendapat gambaran baru mengenai pentingnya memanfaatkan media sosial untuk eksistensi bisnis media digital.

"Tapi untuk eksis dan menghasilkan harus terus berinovasi. Tidak bisa satu model bertahan dalam waktu lama. Selalu perlu inovasi untuk bisa menjaga keberlangsungan kunjungan," saran Ribut Raharjo.

Usai diskusi soal menggarap media sosial untuk menjadikan pendapatan, rombongan juga berkesempatan mengunjungi dua studio Tribun Jogja yang biasa untuk membuat konten podcast. Untuk diketahui Harian Jogja dan Tribun Jogja saat ini selain di media digital juga masih memproduksi koran edisi cetak.

Dari dua hari kunjungan belajar itu didiskusikan rombongan AMSI Riau pada Sabtu (29/7/2023) di hotel menginap. Tentunya membicarakan pola-pola apa yang bisa diterapkan bagi anggota AMSI Riau nantinya.

"Saya yakin anggota AMSI mendapat banyak ilmu yang sangat bermanfaat untuk pengembangan bisnis media digital di Riau," ujarnya.

Untuk diketahui AMSI Riau beranggotakan Riauterkini.com, RiauPos.co, TribunPekanbaru.com, Cakaplah.com, Goriau.com, Riau online.co.id, BertuahPos.com, Riau.Antaranews.com, Potretnews.com, HalloRiau.com dan Riau1.com. *( Adv)