Pj Wali Kota Pekanbaru Pantau Progres Overlay Jalan Suka Karya, Sekaligus Cek Drainase

Pj Wali Kota Pekanbaru Pantau Progres Overlay Jalan Suka Karya, Sekaligus Cek Drainase

22 Mei 2023
Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun didampingi Sekdako Indra Pomi dan Plt Kepala Dinas PUPR Edward Riansyah meninjau ujung drainase Jalan Suka Karya. Foto: Surya/Riau1.

Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun didampingi Sekdako Indra Pomi dan Plt Kepala Dinas PUPR Edward Riansyah meninjau ujung drainase Jalan Suka Karya. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru memantau progres pekerjaan overlay (pengaspalan ulang) Jalan Suka Karya, Kecamatan Tuah Madani, Sabtu (20/5/2023). Ia juga mengecek saluran drainase di jalan yang sedang diperbaiki itu. 

"Hari ini, saya meninjau kondisi Jalan Suka Karya terkini. Saya ingin tahu sejauh mana progres perbaikan Jalan Suka Karya dan juga ingin tahu apa lagi kendala dan permasalahan di lapangan," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun, Sabtu. 

Dari hasil peninjauan, drainase belum tersambung antara satu dan lainnya. Dikhawatirkan ketika jalan sudah dioverlay tapi drainase belum dibenahi, maka dapat menyebabkan banjir. Dampaknya, aspal kembali rusak. 

"Saya akan koordinasi dengan Dinas PUPR. Karena keterbatasan anggaran, kami benahi dulu drainase yang sangat bermasalah di Jalan Suka Karya ini," ujar Muflihun

Perbaikan Jalan Suka Karya ini berasal dari APBD Kota Pekanbaru. Tahun ini, Pemko Pekanbaru juga mendapatkan bantuan keuangan (Bankeu) dari Pemprov Riau untuk overlay Jalan Parit Indah, Jalan Pemuda, Jalan Firdaus, dan Jalan Tanjung. 

"Kami ucapkan terima kasih kepada gubernur atas bantuan yang diberikan untuk perbaikan jalan di Kota Pekanbaru. Saya juga apresiasi kepada Sekdaprov yang sudah membantu," ucap Muflihun

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Edward Riansyah mengatakan, progres untuk 0-700 meter sudah dilakukan overlay. Namun, masih ada kendala parit yang masih direvitalisasi dan rekondisi terhadap parit yang ada. 

"Ada beberapa titik yang ada kami lakukan rekayasa lapangan. Ada beberapa titik yang mesti kami bongkar dan dibobok lagi. Jadi disini nanti ada perbaikan terhadap drainase," ujarnya. 

Loading...

Dinas PUPR berharap overlay dan perbaikan drainase bisa dilakukan dengan baik secara bersamaan. Drainase yang bermasalah ada di lima titik. 

"Masalah drainase itu adalah volume drainase dengan debit air berbeda. Kemudian, ada beberapa drainase yang patah dan tak tersambung ke arah drainase sekunder yang ada di ujung Jalan Suka Karya arah ke perbatasan Kampar," ungkap Edu, sapaan akrabnya.

Besar drainase Jalan Suka Karya ini bervariasi. Makanya, Dinas PUPR mengecek jalur drainase dari simpang Jalan Suka Karya hingga ke perbatasan Kampar di Desa Kualu. 

"Untuk sementara, kami mengangkat sedimen (endapan lumpur) di drainase Jalan Suka Karya. Kami juga membongkar drainase yang patah," tutur Edu. 

Tak hanya melakukan peninjauan jalan Suka Karya, pada kesempatan tersebut juga dilakukan pertemuan dialog dengan para ketua RT-RW dan Camat Tuah Madani Nurhasminsyah membahas sinergitas dengan Pemko Pekanbaru. Hadir mendampingi Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Plt Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Edward Riansyah, dan Kepala Dinas Kominfotiksan Pekanbaru Raja Hendra Saputra.