Kodim 0303 Bengkalis Kerahkan 150 Personel Atasi Karlahut

Kodim 0303 Bengkalis Kerahkan 150 Personel Atasi Karlahut

12 September 2019
Proses pemadaman dan pendinginan karlahut di Bengkalis

Proses pemadaman dan pendinginan karlahut di Bengkalis

RIAU1.COM - Kodim 0303/Bengkalis menurunkan sebanyak 150 personel untuk melakukan pemadaman serta pendinginan kebakaran lahan dan hutan (karlahut) yang terjadi di wilayah Kabupaten Bengkalis, Riau.

Pemadaman karlahut tersebut langsung dipimpin Dandim 0303/Bengkalis, Letkol Inf Timmy Prasetya Harmianto tepatnya di Desa Tanjung Damai, Kecamatan Siak Kecil, Bengkalis, Rabu 11 September 2019 kemarin.

Selain personel dari Kodim Bengkalis, juga diperbantukan Damkar dan BPBD Bengkalis dengan menyisir sejumlah lahan bekas kebakaran yang masih mengeluarkan asap agar tidak muncul api baru.

Sementara, Dandim 0303/Bengkalis, Letkol Inf Timmy Prasetya Harmianto menyampaikan, ratusan personil yang dikerahkan tersebut untuk penanganan karlahut yang terjadi di wilayah Kodim 0303/Bengkalis diantaranya, Siak, Meranti dan Bengkalis.

"Sebanyak 150 personil TNI bersama Damkar dan BPBD langsung dikerahkan untuk melakukan pemadaman serta pendinginan di lokasi bekas terbakar yang masih mengeluarkan asap. Karena dikhawatirkan akan muncul api lagi," ujarnya.

Loading...

Masih kata Dandim, pelaksanaan pemadaman serta pendinginan ini serentak dilakukan di tiga wilayah diantaranya Kecamatan Merbau, Tanjung Damai, Kabupaten Meranti dan Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis. "Hari ini, serentak kita melakukan pemadaman serta pendinginan karhutla di Merbau, Tanjung Damai dan Pinggir," sebutnya.

Lanjutnya, meskipun kondisi saat ini dalam pendinginan, anggota Kodim Bengkalis masih bertungkus lumus dilokasi pasca karhutla, terutama tim Subsatgas Karhutla yang berasal dari personil Kodim 0303/Bengkalis. "Anggota kita hingga hari ini masih melakukan pendingingan, baik di Kabupaten Bengkalis, Meranti maupun di Siak," pungkasnya.