Kelompok Tani Maju Jaya Mustahik Panen Raya, Setelah Dibina Baznas Bengkalis

Kelompok Tani Maju Jaya Mustahik Panen Raya, Setelah Dibina Baznas Bengkalis

15 Mei 2020
Kelompok Tani Maju Jaya Mustahik Panen Raya, Setelah Dibina Baznas Bengkalis/R24

Kelompok Tani Maju Jaya Mustahik Panen Raya, Setelah Dibina Baznas Bengkalis/R24

RIAU1.COM -BENGKALIS - Kelompok Maju Jaya Mustahik dibawah binaan Baznas Kabupaten Bengkalis melakukan panen raya semangka "Inul dan Nonbiji" di Dusun satu Desa Penebal, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis.

Panen Raya tersebut dihadiri, Plh Bupati Bengkalis H. Bustami HY, Ketua Baznas H. Ali Ambar, Kepala Dinas Pertanian Tarmizi serta staf ahli Bupati Bengkalis, Jumat 15 Mei 2020.

Dari pantauan, panen kali ini sangat berbeda dikarena masih dalam suasana wabah covid-19 jadi tetap jaga jarak, sering mencuci tangan dan tidak berkumpul dengan jarak dekat. Adapun panen semangka kelompok Maju Jaya Mustahik binaan Baznas Kabupaten Bengkalis Desa Penebal ini dengan jumlah 5 orang dan luas lahan 1,5 hektar dengan jenis semangka Inul dan Non Biji.

Plh Bupati Bengkalis H. Bustami menyampaikan, atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Bengkalis, menyambut baik serta memberikan apresiasi setinggi - tingginya atas diselenggaranya panen raya semangka atas binaan Baznas Bengkalis di Desa Penebal.

"Kami senang para petani bisa mendapatkan hasil panen yang baik. Dengan panen ini menunjukkan kalau petani disini telah bekerja keras untuk mandiri dan sejahtera, sehingga membantu menambahkan ekonomi keluarga lebih baik,"ungkap Bustami HY.

Diutarakan Bustami lagi, Kepada Baznas Bengkalis diharapkan terus melakukan pengembangan terhadap berupa binaan-binaan yang sifanya bisa membantu meringankan ekonomi masyarakat.

"Kami meminta kepada petani untuk terus berinovasi terkait dengan pemasaran hasil pertanian yang dimiliki. Hal ini dilakukan agar mereka tak bergantung pada tengkulak sehingga produk bisa dipasarkan secara mandiri,"ungkapnya.

Sementara, Ketua Baznas Kabupaten Bengkalis H Ali Ambar mengatakan, dengan adanya panen raya ini, dapat membantu ekonomi para kelompok tani dan masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa serta menyambut hari raya idul fitri nantinya.

"Alhamdulillah dengan modal 15 juta lebih ini, telah menghasilkan 4 ton semangka inul dan non biji, semoga ini benar-benar membantu masyarakat ekonomi lemah serta mengangkat taraf hidup ekonomi meraka untuk memenuhi kebutuhan hidup pada masa pandemi saat ini,"ungkapnya.

Menurut Ali Ambar, selain di kelompok Maju Jaya Mustahik di Desa Penebal bantuan usaha produktif lainnya yakni di Desa Penampi kebun Nenas, di Kecamatan Rupat petani Serai Wangi, Bantuan untuk ternak di Desa Bukit Kerikil, Desa Teluk Papal dan Rupat untuk nelayan semuanya dalam bentuk kelompok.

"Baznas dalam hal ini tidak mengharapkan kompensasi tetapi hendaknya setelah berhasil kelompok ini tetap mengeluarkan zakatnya ke Baznas," pungkasnya. (hari)