Pertamina di Blok Rokan, Harus Beri Kontribusi Nyata Bagi Pendidikan dan Perkerjaan Suku Sakai

Pertamina di Blok Rokan, Harus Beri Kontribusi Nyata Bagi Pendidikan dan Perkerjaan Suku Sakai

29 Agustus 2021
Manajemen PHR dan Bupati Bengkalis hadiri tepuk tepung tawar Suku Sakai

Manajemen PHR dan Bupati Bengkalis hadiri tepuk tepung tawar Suku Sakai

RIAU1.COM - Di Rumah Adat Suku Sakai Kesumbo Ampai, Bupati Bengkalis Kasmarni dan Direktur Utama PT. Pertamina Hulu Rokan (PHR) Jaffe A. Suardin mengikuti prosesi adat tepuk tepung tawar sebagai ungkapan doa dan penghormatan dari Masyarakat Suku Sakai yang diwakili oleh Bathin 8 dan 5 Sakai belum lama ini.

Kehadiran Bupati dan Dirut PT. PHR diawali dari penyambutan dengan tarian porang suku sakai diiringi gendang odok oleh masyarakat Sakai yang terlihat kompak dan antusias menunggu kehadiran kedua tokoh ini.

Kemudian, dilanjutkan dengan prosesi Tepuk Tepung Tawar dari Bathin 8 dan 5 yang dimulai dengan tokoh masyarakat Sakai M Yatim, lalu Kepala Suku Sakai 8 dan 5 Datuk Amat, Sesepuh dan Cendekiawan Suku Sakai (Bathin Togonong) Muhammad Agar Kalike, Kepala Suku Sakai Bathin Minas (Saibulan) Muhammad Bosu dan  Kepala Suku Sakai Sobanga (Iyo Bangso) Muhammad Nasir.

"Kita tahu tradisi adat Melayu, tepuk tepung tawar ini merupakan ungkapan rasa gembira dan ucapan syukur serta do’a restu yang diberikan baik keselamatan, keberkahan, kedamaian serta kesuksesan dalam menjalankan aktifitas operasional serta produksinya, untuk terus bergerak maju, demi negara, bangsa, daerah dan masyarakat," kata Bupati Kasmarni.

Menurutnya, ada dua nilai yang terdapat dalam tradisi tersebut yang diberikan kepada PT. PHR yakni "Tuah dan Amanah". Tuah dalam artian masyarakat Melayu Sakai senantiasa berdo’a agar PT. PHR terus mendapatkan keberuntungan berdasarkan pertolongan Allah.

Sedangkan amanah, dalam artian masyarakat Sakai sangat meyakini bahwa keberadaan PT. PHR dalam pengelolaan Blok Rokan, merupakan aset berharga yang harus senantiasa dijaga serta dilindungi keberadaannya secara bersama-sama.

"Kita juga berharap, PT PHR dapat memberikan kontribusi kepada daerah ini, khususnya kepada masyarakat suku sakai. Baik itu melalui CSR, beasiswa pendidikan atau pekerjaan. mungkin tidak dapat memegang jabatan yang eksecutiv, menjadi karyawan biasapun jadilah, sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya," harap Kasmarni.

Sementara itu, Dirut PT PHR Jaffe A. Suardin mengaku terkesan atas sambut yang luar biasa dari masyarakat Suku Sakai. Dan berupaya akan memberikan perhatain kepada Suku Sakai dan masyarakat lainnya lewat program-program sosial di Pertamina.

"Kami juga mengajak masyarakat Suku Sakai untuk bersama berkolaborasi mendukung program yang akan kami laksanakan," ujar Jaffe.*