Dinas Ketahanan Pangan Bengkalis Dapat Instruksi Perbanyak Bibit Cabai

Dinas Ketahanan Pangan Bengkalis Dapat Instruksi Perbanyak Bibit Cabai

17 Oktober 2022
Gerakan tanam cabai di Bengkalis

Gerakan tanam cabai di Bengkalis

RIAU1.COM - Sekretaris Daerah (Sekda) H Bustami HY, menghimbau agar Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat mendukung program gerakan menanam cabai.

"Program ini sudah di launching Gubernur Riau pada 14 Oktober 2022 lalu. Tentu hal ini sebagai salah satu langkah dalam upaya menjaga stabilitas harga bahan kebutuhan pokok dan pangan yang bergejolak dan berdampak pada inflasi daerah," ujarnya.

Hal itu disampaikan Sekda, ketika membacakan pidato tertulis Bupati, pada pelaksanaan Apel Hari Kesadaran Nasional di Halaman Kantor Bupati Bengkalis, Senin, 17 Oktober 2022.

"Kami berharap seluruh ASN, TNI dan Polri serta masyarakat agar sama-sama mendukung program gerakan menanam cabe ini. Paling tidak dengan program ini kebutuhan rumah tangga dapat terpenuhi dari hasil tanaman yang ada. Jika produksinya bagus justru akan meningkatkan perekonomian keluarga," sebutnya.

Kepada Dinas Ketahanan Pangan Hortikultura dan Peternakan, Bupati Kasmarni melalui Sekda memberikan pesan khusus agar segera menindaklanjuti hal ini.

"Sediakan bibit cabe sebanyak mungkin, lalu distribusikan kepada seluruh ASN maupun TNI, Polri dan masyarakat untuk di budidayakan.

"Lakukan juga upaya penyuluhan, pembinaan, bimbingan serta evaluasinya secara menyeluruh," pintanya.

"Begitu juga kepada dinas-dinas terkait, seperti dinas PMD, kami minta program tersebut dapat disosialisasikan ke Pemerintah Desa, dan kala perlu dari dana bermasa yang telah disalurkan, pemerintah desa bisa melaksanakan hal yang sama,"papar dia.*