Banjir di Bengkalis, Wabup: Kita Harus Koreksi Diri dan Memahami Pesan Alam

Banjir di Bengkalis, Wabup: Kita Harus Koreksi Diri dan Memahami Pesan Alam

7 Januari 2024
Penyerahan bantuan untuk warga terdampak banjir di Bengkalis

Penyerahan bantuan untuk warga terdampak banjir di Bengkalis

RIAU1.COM - Wakil Bupati (Wabup) Bengkalis Bagus Santoso bersama manajemen PT Bumi Siak Pusako (BSP) menyerahkan bantuan sembako serta operasional alat berat pembersihan parit secara simbolis di rumah Kepala Dusun, Desa Sungai Nibung, Kecamatan Siak Kecil, Ahad, 7 Januari 2024.

“Banjir adalah anugerah dan bencana kuasa Tuhan. Kita harus tetap semangat dan menerima keadaan. Kita harus koreksi diri untuk evaluasi dan memahami pesan alam” kata Bagus Santoso.

Menurut Wabup Bagus Santoso, cara untuk menerima kondisi alam adalah dengan saling bergotong royong, saling membantu dan menguatkan. Secara sosial kemasyarakatan dengan menyambung tali persaudaraan memupuk kerukunan.

Sedangkan secara fisik, sambungnya, semua pihak terutama pemerintah dan perusahaan dapat memetakan sekaligus aksi nyata hadir dilapangan memperbaiki infrastruktur lingkungan yang ada.

“Kuatkan kebersamaan saling tolong menolong lalu aksi nyata bersihkan lingkungan sesuai kemampuan dan kewenangan. Lembaga teknis bersihkan fisik parit dan sungai, cek gorong-gorong dan jembatan juga bangun jalan dengan skala prioritas” tutur Bagus.

Seusai penyerahan bantuan sembako Wabup Bagus Santoso bersama pihak perusahaan, BPBD, Damkar, Camat, Polsek,  Danramil, PJ Kades, BPD dan warga melihat ke lokasi yang menyebabkan air tidak lancar. Diantaranya 3 titik gorong-gorong yang tidak berfungsi karena dibangun bodi jalan oleh PUPR Bengkalis.

“Secara teknis nanti PUPR kita minta turun lapangan supaya kelar. Begitu juga alat berat dan kita lagi tunggu dan rumuskan bantuan dari Kementerian PUPR melalui BWSS Sumatera. Bupati Kasmarni sudah ajukan surat kesana” jelas Wabup.*